Tangkapan layar informasi keliru di media sosial
Tangkapan layar informasi keliru di media sosial

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Video Erdogan Baca Alquran di Hagia Sophia? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
M Rodhi Aulia • 21 Juli 2020 07:29
Beredar sebuah video memperlihatkan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan sedang membaca Alquran. Video ini beredar di media sosial.
 
Adalah akun facebook Natural Healthy yang turut membagikan video itu, Jumat 17 Juli 2020. Akun itu membuat narasi bahwa Erdogan sedang membaca Alquran di Hagia Sophia.
 
Berikut narasi selengkapnya:


"Pembacaan AYAT-AYAT SUCI AL-QUR'AN OLEH ERDOGAN DI MASJID HAGIA SHOPIA"


Unggahan ini ramai direspons warganet. Terdiri dari 107 emotikon, 3.200 komentar dan 29 ribu kali dibagikan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

[Cek Fakta] Video Erdogan Baca Alquran di Hagia Sophia? Ini Faktanya
Penelusuran:
Dari penelusuran kami, klaim bahwa video memperlihatkan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan sedang membaca Alquran di Hagia Sophia, adalah salah. Faktanya, Erdogan membaca Alquran di Masjid Millet.
 
Hal itu seperti diunggah channel Youtube terverifikasi, A Haber.Erdogan membaca Alquran di Masjid Bestepe Millet. Kala itu, Erdogan membaca Alquran terkait peringatan 15 Juli.
 
"Presiden Recep Tayyip Erdo?an membaca Al-Quran di Ankara selama upacara Hatm-i?if, yang diselenggarakan untuk para martir di Masjid Millet dalam kerangka program 15 Juli," tulis A Haber dalam keterangan video yang diunggah pada Senin 15 Juli 2019.
 

[Cek Fakta] Video Erdogan Baca Alquran di Hagia Sophia? Ini Faktanya
 

Dilansir situs pemerintahan Turki, tccb.gov.tr, Masjid Bestepe Millet terletak di dalam kompleks istana presiden Turki. Erdogan meresmikan masjid tersebut.
 
"Saya percaya masjid ini akan memberikan kontribusi besar bagi Ankara, wilayah dan seluruh negara dengan arsitektur dan posisinya di dalam kompleks," kata Erdogan seperti dilansir situs tccb.gov.tr, Jumat 3 Juli 2015.
 
Belakangan ini, ramai diberitakan Erdogan mengubah fungsi Hagia Sophia kembali menjadi masjid. Erdogan pertama kali mengunjungi lokasi tersebut peascaperubahan fungsi, pada Minggu 19 Juli 2020.
 
"Kunjungan ini disebutnya sebagai inspeksi mendadak ke bangunan bersejarah itu," tulisMedcom.id dalam laporannya, Senin 20 Juli 2020.
 

[Cek Fakta] Video Erdogan Baca Alquran di Hagia Sophia? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa video memperlihatkan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan sedang membaca Alquran di Hagia Sophia, adalah salah. Faktanya, Erdogan membaca Alquran di Masjid Millet.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 

Referensi:
https://www.youtube.com/watch?v=UIIkDqV2cYo
https://www.tccb.gov.tr/en/news/542/32863/bestepe-peoples-mosque-opens-for-prayer
https://www.medcom.id/internasional/timur-tengah-afrika/VNx45rdN-erdogan-lakukan-inspeksi-ke-hagia-sofia-usai-diubah-jadi-masjid
https://archive.today/hT3sk
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id
 

 
(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif