Tangkapan layar informasi keliru di media sosial
Tangkapan layar informasi keliru di media sosial

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Setiap Hari Puskesmas di Kelapa Gading Rujuk 10 Pasien Covid-19 ke Wisma Atlet? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
M Rodhi Aulia • 29 Juli 2020 07:09
Beredar narasi bahwa setiap hari Puskesmas di Kelapa Gading, Jakarta Utara merujuk hingga 10 pasien covid-19 ke Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19 Wisma Atlet. Narasi ini beredar di media sosial.

"setiap hr dr puskesmas gading ngerujuk 10 an pasien ke wisma atlet," bunyi narasi yang beredar.


Adalah akun facebook RSyang turut membagikan narasi tersebut, Selasa 28 Juli 2020. Berikut narasi selengkapnya:


"*P E N T I N G*
*_dibaca ya mentemen_*
Teman2x semua kasus covid +19 di jakarta masih sangat banyak.
Per hari ini ruang isolasi covid di mitra gading full 23 dengan kondisi yg sedang sampe berat.
Setiap ada belasan pasien covid yg positif dan setiap hr dr puskesmas gading ngerujuk 10 an pasien ke wisma atlet.
Jadi stay safe jangan keluar dl kl gak perlu... kita masih jauhhhhhhhhhhhhhhhhhhh dr kelar.
 
Jangan euforia dulu. Kasus makin banyak dan makin berat lebih parah dr akhir maret. Gading, sunter dan sekitarnya... daerah lain juga sama semua RS full.. stay safe..
 
Banyak yg kena abis makan di restoran dimana semua org buka masker karena ruangan AC gak ada ventilasi, banyak yg dapat dr kantor saat makan bareng, banyak yg kena acara ultah, RESEPSI PERNIKAHAN keluarga pikirnya aman ternyata ada yg positif gak bergejala

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Jangan ke mall, jangan lepas masker, jangan makan bareng dulu.. jangan dine in. Dear all, ini sharing teman saya yang dokter.
Harus sangat ketat untuk menghindari resiko dan menjaga diri kita, dan serta keluarga dan TEMAN2 kantor kita yang lain..
 
Semoga TUHAN selalu lindungi kita semua dan keluarga ..


 
[Cek Fakta] Setiap Hari Puskesmas di Kelapa Gading Rujuk 10 Pasien Covid-19 ke Wisma Atlet? Ini Faktanya
 

Penelusuran:
Dari penelusuran tim Cek Fakta Medcom.id, klaim bahwa setiap hari Puskesmas di Kelapa Gading, Jakarta Utara merujuk 10 pasien covid-19 ke Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19 Wisma Atlet, tidak berdasar. Faktanya, hingga 26 Juli 2020, belum pernah Puskesmas di Kelapa Gading merujuk hingga 10 pasien ke Wisma Atlet dalam sehari.
 
Dilansir Kumparan.com, narasi yang sama juga telah beredar melalui pesan berantai WhatsApp. Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko mengatakan narasi yang beredar merupakan pengingat bagi semua orang karena pandemi belum berakhir. Namun sebagian informasi yang disampaikan tidak benar.


"Data yang disampaikan tidak benar/hoaks," kata Sigit seperti dilansir Kumparan.com, Senin 27 Juli 2020.


Di antara informasi itu, terkait klaim bahwa setiap hari Puskesmas di Kelapa Gading merujuk hingga 10 pasien ke Wisma Atlet. Sigit menegaskan hingga 26 Juli 2020, Puskesmas tidak merujuk pasien setiap hari.


"Pasien dirujuk hanya terjadi pada tanggal 4, 11, 12, 15, 19, 20, 21, 23 dan 26. Jumlah pasien yang dirujuk dari Puskesmas Kelapa Gading terbanyak terjadi pada tanggal 21 Juli, yaitu 6 pasien," tulis Kumparan.com dalam laporannya.


 
[Cek Fakta] Setiap Hari Puskesmas di Kelapa Gading Rujuk 10 Pasien Covid-19 ke Wisma Atlet? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa Puskesmas di Kelapa Gading, Jakarta Utara merujuk 10 pasien covid-19 ke Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19 Wisma Atlet, tidak berdasar. Faktanya, hingga berita ini diterbitkan, belum pernah Puskesmas di Kelapa Gading merujuk hingga 10 pasien ke Wisma Atlet.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 

Referensi:
https://kumparan.com/kumparannews/fakta-sebenarnya-soal-pesan-berisi-rs-di-kelapa-gading-penuh-pasien-corona-1tt0XwVWsre/full
https://www.kominfo.go.id/content/detail/28186/disinformasi-rumah-sakit-di-kelapa-gading-penuh-pasien-corona/0/laporan_isu_hoaks
https://archive.today/eyJKm
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id
 


 

(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif