Tangkapan layar pemberitaan palsu melalui pesan berantai di aplikasi WhatsApp
Tangkapan layar pemberitaan palsu melalui pesan berantai di aplikasi WhatsApp

[Cek Fakta]

[Cek Fakta] Hoaks, 7 Penumpang Lion Air di Manado Positif Terinfeksi Virus Korona

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 11 Februari 2020 21:29
Beredar foto yang memperlihatkan kru pesawat dan sejumlah petugas medis bandara Sam Ratulangi International Airport, Manado, berkerumun di garbarata, tepatnya di muka pintu pesawat bagian depan. Disebutkan, petugas medis yang mengenakan rompi kuning tengah memeriksa tujuh orang penumpang Lion Air yang positif terinfeksi virus korona.
 
Ketujuh penumpang itu berasal dari penerbangan Changsha, Provinsi Hunan, Tiongkok, dengan tujuan Manado. Di dalam pesan itu, ketujuh penumpang tersebut akan dikarantina.
 
Terdapat narasi yang menyertai foto tersebut, berikut selengkapnya:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
"Sudah ada yg masuk indonesia, via Manado. 7 pax ini positif virus carona di pesawat Lion jt 2742 changsa to mdc , sdh block on 20:00, Info update karantina sdh ad... Hati-hati dan waspadah !".
 

[Cek Fakta] Hoaks, 7 Penumpang Lion Air di Manado Positif Terinfeksi Virus Korona
 

Penelusuran:
Dari penelusuran tim Cek Fakta Medcom.id, pesan berantai WhatsApp yang memuat informasi bahwa tujuh penumpang Lion Air dari Changsa menuju Manado positif terinfeksi virus korona adalah salah. Pihak maskapai telah memberikan klarifikasi.
 
Dilansir Kompas.com, melalui artikel berjudul "Lion Air: 7 Penumpang Asal China yang Tiba di Manado Negatif Virus Corona" dimuat pada Minggu 26 Januari 2020, Corporate Communications Strategic Lion Air Danang Mandala Prihantoro memastikan, tujuh penumpang Lion Air tersebut negatif virus korona.
 
"Lion Air menerima keterangan setelah dilakukan pemeriksaan, pengecekan secara intensif oleh pihak terkait, dinyatakan negatif atau tidak terindikasi virus dimaksud," jelas Danang melalui keterangan tertulis.
 
Pemeriksan terhadap tujuh penumpang Lion Air asal Tiongkok dilakukan oleh tim medis beserta tim Kantor Kesehatan Pelabuhan/KKP Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi, Manado. Pesawat Lion Air JT-2742 yang terbang dari Changsha ke Manado pada Sabtu (25/1/2020) diketahui membawa 7 kru dan 176 penumpang. Lion Air memastikan seluruh kru dan penumpang telah melalui standar prosedur bandara.
 
Danang menjelaskan, penerbangan JT-2742 sudah dipersiapkan dengan baik. Seluruh kru dan tamu menjalani pemeriksaan kesehatan berdasarkan ketentuan.
 
"Ketika pesawat berada pada pelataran parkir bandar udara (apron) untuk menurunkan penumpang, petugas kesehatan terlebih dahulu masuk ke dalam kabin pesawat guna melakukan pemeriksaan kepada seluruh tamu dan awak pesawat," kata dia.
 

[Cek Fakta] Hoaks, 7 Penumpang Lion Air di Manado Positif Terinfeksi Virus Korona
 

Kesimpulan:
Informasi bahwa tujuh penumpang Lion Air dengan nomor penerbangan Changsa-Manado positif terinfeksi virus korona adalah salah. Pihak maskapai telah memberikan klarifikasi. Seluruh penunpang dan kru pesawat tidak ada yang terinfeksi virus korona.
 
Informasi hoaks tersebut masuk dalam kategori fabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta.
 

Referensi:
https://money.kompas.com/berita/105213926-lion-air-7-penumpang-asal-china-yang-tiba-di-manado-negatif-virus-corona
 

Sumber:
Pesan berantai WhatsApp
 


 

(WAN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif