Tangkapan layar informasi yang beredar di WhatsApp
Tangkapan layar informasi yang beredar di WhatsApp

Fakta atau Hoaks

[Cek Fakta] CEO Pfizer Ditangkap FBI Kasus Penipuan Efektivitas Vaksin Covid-19? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
M Rodhi Aulia • 10 November 2021 12:07
Beredar sebuah narasi bahwa CEO Pfizer Albert Bourla ditangkap Federal Bureau of Investigation (FBI) di New York, 5 November 2021. Narasi ini beredar di WhatsApp, baru-baru ini.
 
Bourla didakwa melakukan sejumlah penipuan terkait efektivitas vaksin Covid-19. Berikut narasi selengkapnya:
 

"CEO Pfizer ditangkap, didakwa dengan penipuan –

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
CEO Pfizer Albert Bourla ditangkap di rumahnya di pinggiran kota Scarsdale yang makmur, New York Jumat pagi, 05 Nov 2021 oleh FBI dan didakwa dengan berbagai tuduhan penipuan. Bourla ditahan sambil menunggu sidang jaminan. Agen federal sedang dalam proses menjalankan surat perintah penggeledahan di rumahnya dan di beberapa properti lain yang dimilikinya di seluruh negeri.
 
Albert Bourla menghadapi tuduhan penipuan atas perannya dalam
 
menipu pelanggan tentang efektivitas "vaksin" COVID-19 Pfizer dituduh memalsukan data, dan membayar suap besar.
 
Menurut agen FBI yang berbicara dengan Conservative Beaver, Pfizer berbohong tentang efektivitas vaksin, dan menyesatkan pelanggan tentang efek samping serius yang dapat dihasilkan vaksin. Pfizer dituduh membayar pemerintah dan media arus utama untuk tetap diam.
 
Pada bulan Oktober, Project Veritas merilis serangkaian kebocoran yang dijuluki "PfizerLeaks." Dalam video tersebut, pelapor Pfizer lainnya mengungkapkan bagaimana perusahaan menggunakan sel janin yang diaborsi dalam "vaksin" COVID-19 Pfizer berusaha menyembunyikan fakta ini dari publik.
 
Demi uang, yg benar2 Haram dibikin Halal !
 
HOT NEWS ????????
 
https://www.conservativebeaver.com/2021/11/05/ceo-of-pfizer-arrested-charged-with-fraud-media-blackout/."

 

Benarkah demikian?
 

[Cek Fakta] CEO Pfizer Ditangkap FBI Kasus Penipuan Efektivitas Vaksin Covid-19? Ini Faktanya
 

Penelusuran:
Dari penelusuran kami, klaim bahwaCEO Pfizer Albert Bourla ditangkap atas tuduhan penipuan terkait efektivitas vaksin Covid-19, adalah salah. Faktanya, Bourla masih beraktivitas seperti biasa.
 
Lagi pula jika dilihat dari akun media sosialnya, Bourla tampak aktif melakukan kegiatannya. Termasuk pada tanggal 5 November 2021 yang disebut hari penangkapannya.
 
Kala itu, Bourla membuat unggahan di akun twitternya @AlbertBourla. Bourla justru menyampaikan kabar bahagia pada hari tersebut.


"Hari ini adalah hari yang membanggakan bagi@Pfizer. Suatu hari ketika kekuatan ilmu pengetahuan kita dan kemampuan ilmuwan kita untuk dengan cepat memajukan aset lokal untuk kepentingan umat manusia diperlihatkan sepenuhnya. Berikut ini adalah utas cepat:," kata Bourla.


 
[Cek Fakta] CEO Pfizer Ditangkap FBI Kasus Penipuan Efektivitas Vaksin Covid-19? Ini Faktanya
 

Kemudian pada 9 November 2021, Bourla kembali muncul di akun twitternya. Bourla mengungkap ambisinya terkait obat migrain di luar Amerika Serikat.
 
Terbaru pada 10 November 2021, Bourla kembali muncul di akun media sosialnya. Berikut penampakannya:
 

[Cek Fakta] CEO Pfizer Ditangkap FBI Kasus Penipuan Efektivitas Vaksin Covid-19? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa CEO Pfizer Albert Bourla ditangkap atas tuduhan penipuan terkait efektivitas vaksin Covid-19, adalah salah. Faktanya, Bourla masih beraktivitas seperti biasa.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 

[Cek Fakta] CEO Pfizer Ditangkap FBI Kasus Penipuan Efektivitas Vaksin Covid-19? Ini Faktanya
 

Referensi:
https://twitter.com/AlbertBourla/status/1456579768409853957
https://twitter.com/AlbertBourla
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 


 
(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif