Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Twitter
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Twitter

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] WHO Dikabarkan Akui Tes PCR Bermasalah? Cek Dulu Faktanya

Medcom Files hoax Cek Fakta WHO kabar hoaks tes PCR
Wanda Indana • 21 April 2022 09:43
Beredar narasi yang menyebutkan bahwa Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akhirnya mengakui tes PCR bermasalah. Klaim itu beredar di media sosial.
 
Akun Twitter heyflower80 (@heyflower80) turut membagikan klaim tersebut. Berikut unggahan narasi yang beredar:
 
"WHO Finally Admits COVID19 PCR Test Has a ‘Problem’ | Principia Scientific Intl - Positive results more likely indicate “ordinary respiratory diseases like the common cold.” [2] https://principia-scientific.com/who-finally-admits-covid19-pcr-test-has-a-problem/

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Terjemahan: WHO Akhirnya Akui Tes PCR COVID19 Punya 'Masalah' | Principia Scientific Intl - Hasil positif lebih mungkin menunjukkan "penyakit pernapasan biasa seperti flu biasa."

 
Benarkah? Berikut cek faktanya.
 

[Cek Fakta] WHO Dikabarkan Akui Tes PCR Bermasalah? Cek Dulu Faktanya
 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim WHO yang mengakui bahwa tes PCR bermasalah adalah adalah. Faktanya, informasi ini adalah hoaks yang kembali beredar.
 
Klaim serupa pernah diulas Cek Fakta Medcom.id pada artikel berjudul "WHO Tegaskan Hasil Tes PCR Sudah Tidak Valid Lagi? Begini Faktanya" pada 16 April 2021. Dari pengecekan fakta, WHO sampai hari ini tidak pernah menyatakan bahwa tes PCR merupakan tes yang cacat dan sama sekali tidak menjadi penentu seseorang dinyatakan positif covid-19 atau tidak.
 
Tes PCR terkadang dapat menunjukkan bahwa seseorang tidak tertular virus ketika mereka terinfeksi (negatif palsu). Mereka juga dapat menunjukkan bahwa seseorang terkena virus padahal tidak (positif palsu). Sulit untuk mengatakan berapa banyak negatif palsu dan positif yang dihasilkan oleh tes PCR. Maka dari itu, tetap diperlukan pemeriksaan lanjutan terkait hasil tes ini.
 
WHO dalam rilis informasi terbarunya pada Januari 2021 pun menyatakan hal yang sama.
 
“…Diperlukan interpretasi yang cermat terhadap hasil positif yang lemah. Jika hasil tes tidak sesuai dengan presentasi klinis, spesimen baru harus diambil dan diuji ulang menggunakan teknologi NAT yang sama atau berbeda.”
 
Tweet asli yang membuat klaim ditautkan ke artikel oleh situs web bernama Principia Scientifica, yang secara teratur menerbitkan artikel yang mencoba membantah sumber resmi tentang Covid-19.
 

Kesimpulan:
Klaim WHO yang mengakui bahwa tes PCR bermasalah adalah adalah. Faktanya, informasi ini adalah hoaks yang kembali beredar.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 

[Cek Fakta] WHO Dikabarkan Akui Tes PCR Bermasalah? Cek Dulu Faktanya
 

Referensi:
-https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/ybDVxevK-cek-fakta-who-tegaskan-hasil-tes-pcr-sudah-tidak-valid-lagi-begini-faktanya
-https://www.thejournal.ie/factcheck-world-health-organization-test-cold-5324747-Jan2021/
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 
Kami saat ini mengadakan survei/kuesionerbertujuan memahami perilaku dan preferensi audiens terkait konten cek fakta dari media/pers di Indonesia. Anda bisa mengisi survei melalui tautan link di bawah ini. Data Anda akan dijamin kerahasiaannya dan hanya akan digunakan guna keperluan penelitian.
 
Link survei:https://tinyurl.com/survei-audiens-cekfakta

 


 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif