Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook
Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Video Presenter Talk Show di Disensor Pakai Jilbab? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Whisnu Mardiansyah • 27 Januari 2021 11:00
Beredar sebuah video acara talk show di TV One "Apa Kabar Indonesia Malam". Dalam video tersebut, pembawa acara perempuan disensor karena tak memakai jilbab.
 
Akun facebook atas nama Ade Armando membagikan video ini pada 25 Januari 2021. Dalam unggahannya ia memberikan narasi sebagai berikut.
 
"Saking takutnya pada aurat perempuan"

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Unggahan ini mendapatkan respon dari 448 warganet. Serta 49 komentar dan 15 kali dibagikan ulang. [Cek Fakta] Video Presenter Talk Show di Disensor Pakai Jilbab? Ini Faktanya
 
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim TV One menyensor pembawa acara talk show "Apa Kabar Indonesia Malam" karena tak memakai jilbab adalah salah. Faktanya, video tersebut adalah hasil suntingan.
 
Dari penelusuran kami, video asli acara tersebut diunggah di kanal youtube Apa Kabar Indonesia tvOne. Video diunggah pada 27 Agustus 2020.
 
Video berjudul "Sutradara Film 'Jejak Khilafah di Nusantara"Angkat Bicara Soal Dianggap Propaganda HTI" yang telah ditonton 86 ribu orang.
 
Video aslinya berdurasi 19 menit 10 detik. Dalam klaim tersebut, video dipotong menjadi satu menit.
 
Dalam video tersebut, membahas tentang kontroversi film "Jejak Khilafah di Nusantara". Dengan narasumber cendekiawan Muslim Azyumardi Azra, Sutradara film Nico Pandawa.
 
[Cek Fakta] Video Presenter Talk Show di Disensor Pakai Jilbab? Ini Faktanya
 
Dilansir suara.com, Film 'Jejak Khilafah di Nusantara' menuai polemik di kalangan masyarakat. Film tersebut diblokir ditengah-tengah siaran langsung secara virtual.
 
Film Jejak Khilafah di Nusantara yang diluncurkan pada Minggu, 2 Agustus 2020 lalu, dibuat oleh Nicko Pandawa dan Komunitas Literasi JKDN. Film tersebut diputar perdana pada Kamis, 20 Agustus 2020, namun film tersebut sempat diblokir beberapa kali di tengah pemutaran film.
 
Akun Instagram @jejakkhilafahdinusantara mengunggah pengumuman tersebut. Akun tersebut mengunggah tampilan layar saat film diblokir.
 
"Video tidak tersedia. Konten ini tidak tersedia di domain negara ini karena ada keluhan hukum dari pemerintah," demikian isi notifikasi pemblokiran film seperti dikutip Suara.com.
 
[Cek Fakta] Video Presenter Talk Show di Disensor Pakai Jilbab? Ini Faktanya
 
Kesimpulan:
Klaim TV One menyensor pembawa acara talk show "Apa Kabar Indonesia Malam" karena tak memakai jilbab adalah salah. Faktanya, video tersebut adalah hasil suntingan.
 
Informasi ini jenis hoaks manipulated content (konten manipulasi). Manipulated content atau konten manipulasi biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel. Gampangnya, konten jenis ini dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik.
[Cek Fakta] Video Presenter Talk Show di Disensor Pakai Jilbab? Ini Faktanya
Referensi:
1.https://www.youtube.com/watch?v=L9a_yOy2TcI
2.https://www.suara.com/news/2020/08/21/095730/heboh-film-jejak-khilafah-di-nusantara-diblokir-saat-siaran-langsung?page=all
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

"Anda juga bisa bergabung di dalam Hoax Buster Medcom.id, sebuah komunitas yang fokus dalam misi memberantas hoaks. Ada sesuatu dari tim kami untuk kamu yang aktif dalam misi ini. Cara pendaftarannya mudah, tinggal klik link berikut ini: https://bit.ly/2H42ayb"

 
(WHS)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif