Tangkapan layar informasi yang dapat mengecoh di WhatsApp
Tangkapan layar informasi yang dapat mengecoh di WhatsApp

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Yang Punya SIM C dan A Dapat Bantuan Covid-19 Rp900 Ribu Setiap Bulan? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
M Rodhi Aulia • 28 Oktober 2020 10:05
Beredar narasi bahwa pemilik Surat Izin Mengemudi (SIM) C atau untuk pengendara sepeda motor dan SIM A untuk pengendara roda empat akan mendapatkan bantuan uang tunai sebesar Rp900 ribu setiap bulan. Narasi ini beredar dalam pesan berantai WhatsApp, baru-baru ini.
 
Bantuan uang tunai itu diklaim terkait covid-19. Para pemilik SIM A dan C akan mendapatkan Rp900 ribu setiap bulan. Berikut narasi selengkapnya:

“Monggo yang sudah punya Sim C
 
Boleh coba dicek apakah Sim C dan A anda dpt bantuan covid-19 Rp.900.000/bln selama 4 bln syarat utama Sim masih hidup/ valid

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Mulai Oktober s.d Desember 2020. di link ini:
https://s.id/ektp-covid19.”


 
[Cek Fakta] Yang Punya SIM C dan A Dapat Bantuan Covid-19 Rp900 Ribu Setiap Bulan? Ini Faktanya
 

Penelusuran:
Dari penelusuran kami, klaim bahwa pemilik SIM C dan SIM A akan mendapatkan bantuan uang tunai sebesar Rp900 ribu setiap bulan, adalah salah. Faktanya pranala atau link yang disertakan dalam narasi itu terkait dengan guyonan.
 
Link serupa pernah beredar beberapa waktu lalu. Di antaranya, link itu juga digunakan dalam narasi bahwa semua pemilik KTP elektronik (KTP-el) mendapatkan uang kompensasi #DiRUmahSAja sebesar Rp680 ribu.
 
Kami membuat ulasan terkait hal itu dalam sebuah artikel berjudul “[Cek Fakta] Setiap Pemilik KTP Elektronik Dapat Rp680 Ribu Kompensasi #DiRumahSaja? Ini Faktanya. Dari artikel itu, kesimpulannya adalah narasi beserta link tersebut masuk kategori hoaks jenis satire atau parodi.
 

[Cek Fakta] Yang Punya SIM C dan A Dapat Bantuan Covid-19 Rp900 Ribu Setiap Bulan? Ini Faktanya
 

Di sisi lain, tidak ada informasi resmi dari media arus utama bahwa pemilik SIM tersebut mendapatkan bantuan uang tunai. Pun jika narasi tersebut dapat diteliti dengan baik.
 
Pada narasi disebutkan bantuan uang tunai untuk 4 bulan. Namun bulan yang disebutkan hanya tiga, yakni Oktober, November dan Desember.
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa pemilik SIM C dan SIM A akan mendapatkan bantuan uang tunai sebesar Rp900 ribu setiap bulan, adalah salah. Faktanya pranala atau link yang disertakan dalam narasi itu terkait dengan guyonan.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis satire atau parodi. Satire merupakan konten berunsur parodi atau sarkasme yang dibuat untuk menyindir atau mengkritik pihak tertentu. Satire tidak termasuk konten yang membahayakan, tetapi bisa mengecoh karena sebagian masyarakat menganggap informasi dalam satire sebagai kebenaran.
 

Referensi:
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/RkjBWjWk-setiap-pemilik-ktp-elektronik-dapat-rp680-ribu-kompensasi-dirumahsaja
 

*Anda juga bisa bergabung di dalam Hoax Buster Medcom.id, sebuah komunitas yang fokus dalam misi memberantas hoaks. Ada sesuatu dari Tim Kami untuk Kamu yang aktif dalam misi ini. Cara pendaftarannya mudah, tinggal klik link berikut ini: https://bit.ly/2H42ayb
 

[Cek Fakta] Yang Punya SIM C dan A Dapat Bantuan Covid-19 Rp900 Ribu Setiap Bulan? Ini Faktanya
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 


 
(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif