Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Youtube
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Youtube

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Video Putri Candrawati Putuskan Bunuh Diri karena Tak Kuat Iman? Cek Dulu Faktanya

Medcom Files Putri Candrawathi Ferdy Sambo Tersangka Brigadir J bunuh diri hoax kabar hoaks Cek Fakta
Wanda Indana • 15 September 2022 17:00
Tersangka kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Josua Hutabarat alias Brigadir J, Putri Candrawathi, dikabarkan bunuh diri. Kabar ini beredar dari sebuah unggahan video di berbagai media sosial.
 
Kanal YouTube ini ikut membagikan video tersebut pada 3 September 2022. Pada video terdapat gambar Putri mengenakan pakaian putih dan terlihat gantungan tali di sebuah ruangan interogasi.
 
"?? TAK KUAT IMAN PUTRI CANDRAWATI PUTUSKAN BUNUH DIRI…”. Bunyi narasi pada thumbnail video tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Benarkah? Berikut cek faktanya. [Cek Fakta] Video Putri Candrawati Putuskan Bunuh Diri karena Tak Kuat Iman? Cek Dulu Faktanya
 
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim narasi pada video yang beredar adalah salah. Faktanya, isi video berbeda dengan judul atau narasi thumbnail video.
 
Setelah disimak, video berdurasi 11 menit tersebut sama sekali tidak menyebut atau menyinggung informasi yang menyebutkan bahwa istri mantan Kadiv Propam, Ferdy Sambo itu tewas bunuh diri dengan cara gantung diri.
 
Pula, pencarian di mesin pencari Google juga tidak terdapat informasi tentang Putri Candrawati tewas bunuh diri.
 
Adapaun foto pada thumbnail video adalah hasil editan. Foto aslinya diambil saat Putri menghadiri rekonstruksi pembunuhan Brigradir J di kawasan Duren Tiga, Jakarta Selatan. Foto itu berasal dari artikel-foto Kompas.com berjudul "BERITA FOTO: Ferdy Sambo Peluk Istri saat Rekonstruksi".
 
[Cek Fakta] Video Putri Candrawati Putuskan Bunuh Diri karena Tak Kuat Iman? Cek Dulu Faktanya
 
Kesimpulan:
Klaim narasi pada video yang beredar adalah salah. Faktanya, isi video berbeda dengan judul atau narasi thumbnaik video.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis manipulated content (konten manipulasi). Manipulated content atau konten manipulasi biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel. Gampangnya, konten jenis ini dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik.
 
[Cek Fakta] Video Putri Candrawati Putuskan Bunuh Diri karena Tak Kuat Iman? Cek Dulu Faktanya
 
Referensi:
https://nasional.kompas.com/berita/19013991-berita-foto-ferdy-sambo-peluk-istri-saat-rekonstruksi
 
*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif