Tangkapan layar unggahan hoaks di media sosial
Tangkapan layar unggahan hoaks di media sosial

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Beredar Video TikTok Cara Atasi Maag dan Asam Lambung dengan Totok Kaki, Benarkah?

Medcom Files hoax penyakit mag Cek Fakta tiktok Asam Lambung kabar hoaks
Wanda Indana • 20 Januari 2022 07:00
Berdedar video pengobatan bernama teknik totok menggunakan alat pulpen atau pensil untukmengatasi Maag dan Asam Lambung. Video itu beredar di media sosial.
 
Akun TikTok @nicputra (NIC PUTRA) membagikan video pada Agustus 2021. Pada unggahan video itu disertai narasi sebagai berikut:

“TIPS mengatasi maag dan asam lambung secara alami! #viral #fyp #foryoupage #foru #samasamabelajar #berbagiilmu #berbagifakta #tips #maag #nicputra”


Benarkah? Berikut cek faktanya.
 

[Cek Fakta] Beredar Video TikTok Cara Atasi Maag dan Asam Lambung dengan Totok Kaki, Benarkah?

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim adanyapengobatan bernamateknik totok menggunakan alat pulpen atau pensil untukmengatasi Maag dan Asam Lambung adalah salah. Faktanya, informasi ini dibantah para ahli. Dilansir Kompas.com, Dokter spesialis penyakit dalam sekaligus Dekan FK UI, Ari Fahrial Syam, mengatakan metode totok atau ketok kaki dengan menggunakan pulpen dan pensil tidak dikenal dalam dunia medis untuk mengobati maag dan asam lambung.
 
"Hoaks, kami tidak mengenal metode ketok (totok) di kaki menghilangkan asam lambung," kata Ari Senin, 3 Januari 2022.
 
Pengobatan asam lambung yang tepat, lanjut Ari, dapat dilakukan dengan konsultasi dengan dokter dan mengikuti saran yang dianjurkan dokter.
 
"Kita mesti tahu bahwa ada kuman yang bisa menyebabkan sakit lambung, dari mulai ringan, sampai timbul pendarahan, bahkan sampai kanker. Itu kuman yang kita bilang Helicobacter pylori," tambahnya.
 
Hal serupa diutarakan dr. Budiono seperti dilansir Alodokter. Sejauh ini tidak ada kaitan langsung antara penyakit asam lambung dan refleksi. Pijat refleksi dilakukan bertujuan merelaksasi otot di bagian kaki seseorang.
 
"Namun sebaiknya apabila pijatan terlalu kuat dan menimbulkan nyeri, komunikasikan dengan tukang pijat agar disesuaikan dengan kenyamanan."
 

Kesimpulan:
Klaim adanyapengobatan bernamateknik totok menggunakan alat pulpen atau pensil untukmengatasi Maag dan Asam Lambung adalah salah. Faktanya, informasi ini dibantah para ahli.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis fabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.
 

[Cek Fakta] Beredar Video TikTok Cara Atasi Maag dan Asam Lambung dengan Totok Kaki, Benarkah?
 

Referensi:
https://www.kompas.com/tren/berita/142651965-hoaks-mengobati-asam-lambung-dan-mag-dengan-totok-kaki?page=all
https://www.alodokter.com/komunitas/topic/bolehkah-direfleksi-saat-asam-lambung-naik-kambuh
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif