Asus ROG Phone 3.
Asus ROG Phone 3.

Review Smartphone

Review Asus ROG Phone 3, Tetap Jadi Smartphone Gaming Idaman

Teknologi teknologi gadget asus review gadget asus rog
Cahyandaru Kuncorojati • 24 September 2020 17:56
Jakarta: Asus akhirnya resmi merilis HP gaming atau smartphone gaming generasi ketiganya di Indonesia yaitu Asus ROG Phone 3 yang lebih dulu diperkenalkan secara global di tanggal 22 Juli.
 
Di Indonesia, Asus ROG Phone hadir dalam dua varian spesifikasi berdasarkan jenis kapasitas RAM dan storage atau memori internal. Di versi 8/128GB dibanderol Rp9,9 juta dan versi 12/256GB di harga Rp14,9 juta.
 
Medcom.id yang sudah berkesempatan untuk mengulas atau review dua generasi sebelumnya kini masih dipercaya Asus untuk menjajal Asus ROG Phone 3. Kami diberikan kesempatan mencoba varian Asus ROG Phone 8/128GB, apakah smartphone gaming ini memberikan pengalaman baru?

Desain

Asus ROG Phone 3 tidak hadir dengan desain yang benar-benar berbeda dari seri sebelumnya atau Asus ROG Phone 2. Hal ini sedikit mengecewakan saat kami pertama kali mengetahui di peluncuran global.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Review Asus ROG Phone 3, Tetap Jadi Smartphone Gaming Idaman
 
Asus ROG Phone 3 kini memiliki warna grill speaker di bagian depan, tepat atas dan bawah layar yang berwarna hitam dan bukan oranye. Di sisi bodi bagian kanannya kini ada sentuhan warna metalik di tombol Power. Di tiap ujungnya masih terdapat area untuk fitur andalan Air Trigger 3.
 
Review Asus ROG Phone 3, Tetap Jadi Smartphone Gaming Idaman

Fungsi Air Trigger 3 akan kami jelaskan nanti lebih detil tapi kini area tersebut ditandai dengan guratan berbeda dengan tulisan ROG. Di sisi kiri bodi masih ada port USB-C ganda atau side mounting port.
 
Side mounting port sebelah kiri untuk port charger dan aksesori yang earphone USB-C, sementara sisi kanannya untuk aksesori ROG Phone 3 misalnya docking dan lainnya. Jadi menyediakan posisi bermain horizontal yang tidak mengganggu posisi genggaman.
 
Review Asus ROG Phone 3, Tetap Jadi Smartphone Gaming Idaman
 
Di sini keluhan lama masih bisa Medcom.id jumpai, yaitu katup material karet yang berfungsi untuk menutup side mounting port. Katup ini sulit dilepas dan setelah dilepas tidak ada pengait yang terikat ke bodi, akibatnya katup ini rentan hilang.
 
Beralih ke sisi bodi bagian bawah, Asus ROG Phone tidak lagi menyediakan lubang audiojack 3,5mm dan hanya menyisakan port USB-C. Makanya di paket penjualan Anda akan menerima konektor USB-C to audiojack.
 
Review Asus ROG Phone 3, Tetap Jadi Smartphone Gaming Idaman
 
Melihat bodi bagian belakangnya membuat kami sangat mudah mengenali Asus ROG Phone 3. HP gaming ini memiliki tiga kamera belakang, bukan lagi dua seperti seri sebelumnya. Kemudian bagian ventilasi udaranya kini punya tampilan desain kaca yang berbeda dari area lainnya.

Sisanya, ornamen garis futuristik dan LED RGB masih tetap melekat di Asus ROG Phone seperti seri atau generasi sebelumnya. Dimensi bodi atau ukuran layarnya masih sama seperti Asus ROG Phone 2 yaitu 6,59 inci dengan panel AMOLED, tapi refresh rate lebih tinggi karena layar Asus ROG Phone mampu menyajikan kemampuan 144Hz.
 
Review Asus ROG Phone 3, Tetap Jadi Smartphone Gaming Idaman

Antarmuka dan Fitur

Asus ROG Phone 3 menggunakan sistem operasi Android 10 dengan modifikasi tampilan menjadi ROG UI yang menurut kami sedikit memberikan tampilan baru.
 
Demikian juga di antarmuka Armoury Crate yang tetap menyediakan fitur kustomisasi atau pengaturan manual performa dapur pacunya serta fitur gaming lain. Pilihan untuk memacu performa bisa langsung tersedia dalam akses cepat ke X Mode.
 
Review Asus ROG Phone 3, Tetap Jadi Smartphone Gaming Idaman
 
X Mode di Asus ROG Phone 3 kini bisa dikustomisasi menjadi tiga tingkatan atau level. Kami menemukan ada dua level X Mode bawaan dengan konsumsi daya yang juga semakin rakus mengikuti performanya. Di X Mode level tiga hanya bisa diakses apabila menggunakan aksesori kipas pendingin AeroActive Coler 3.
 
Di sini kami juga menemukan menu baru berupa ROG Connect yang menyediakan konten terkait gaming dari Asus serta fitur untuk pengguna Asus ROG Phone 3 membuat konten. Efek menyala LED RGB tetap bisa diubah dari Armoury Crate.

Hampir semua fitur gaming di Asus ROG Phone 2 seperti yang Medcom.id pernah ulas masih bisa dijumpai di sini namun yang paling menarik adalah AirTrigger 3 yang berfungsi seperti tombol L/R di controller konsol. Di sini ditambakan gaya penggunaan baru.
 
AirTrigger 3 mendukung fitur swipe, jadi sensor bisa membaca saat jari menyapukan area AirTrigger. Kemudian dual partition jadi satu area AirTrigger bisa menyediakan dua fungsi berbeda sekaligus sebagai L1/L2 dan L2/R2.
 
Review Asus ROG Phone 3, Tetap Jadi Smartphone Gaming Idaman
 
Satu lagi adalah finger resting, jari bisa menempel di sensor AirTrigger tapi tidak langsung aktif. Ada satu fitur canggih yang juga diperkenalkan yaitu Asus ROG Phone 3 bisa membaca getaran (shake) dari pengguna yang bisa diatur untuk memicu fungsi tertentu di dalam game.
 
Di fitur Game Genie atau overlay menu di dalam game juga masih ada mode macro keys yang kini punya update terbaru. Kemampuan ini bisa merekam dan menyusun beberapa macro keys sekaligus.
 
Jadi Asus ROG Phone 3 menyediakan semakin banyak kesempatan untuk menciptakan gaya bermain bervariasi. Hal ini semakin didukung dengan beragam aksesori yang memungkinkan Asus ROG Phone 3 bisa dimainkan seperti konsol yang terhubung ke televisi atau laptop maupun handheld ala Nintendo Switch.

Kamera

Asus ROG Phone 3 sebagai smartphone gaming memang tidak mengunggulkan kemampuan kamera sebagai daya tarik utama. Namun berbekal chipset terbarik Qualcomm Snapdragon 865 Plus dan harga pasarnya jelas kualitasnya tidak perlu diragukan.
 
Di harga jualnya, Asus ROG Phone 3 memberikan kemampuan kamera dengan kualitas yang bagi Medcom.id jika berada di posisi gamer sudah sangat terpuaskan.
 
Review Asus ROG Phone 3, Tetap Jadi Smartphone Gaming Idaman
 
Review Asus ROG Phone 3, Tetap Jadi Smartphone Gaming Idaman
 
Review Asus ROG Phone 3, Tetap Jadi Smartphone Gaming Idaman
 
Kamera belakang Asus ROG Phone 3 terdiri dari lensa utama 64MP sensor Sony IMX686 lensa wide-angle, 13MP lensa ultra wide-angle, dan lensa Macro untuk penggemar fotografi makro. Kamera depannya menyediakan kemampuan 24MP.

Performa

Asus ROG Phone 3 menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 865 Plus yaitu generasi terbaru penerus Snapdraon 855 Plus. Di pengujian performa kami membandingkan hasil yang didapatkan pada mode biasa dengan Asus ROG Phone 2 di mode yang sama.
 
Review Asus ROG Phone 3, Tetap Jadi Smartphone Gaming Idaman
 
Hasilnya memang performa Asus ROG Phone 3 menunjukan peningkatan performa yang signifikan dari pendahulunya tanpa X Mode. Bagaimana perbandingan performa Asus ROG Phone 3 saat menggunakan X Mode dibandingkan mode biasa?

Kami kembali menguji Asus ROG Phone 3 dengan mode X Mode aktif dan membandingkannya saat mode tersebut dinonaktifkan. Peningkatan di mode X Mode ini juga signifikan, sebagai catatan, X Mode yang digunakan adalah level dua.
 
Review Asus ROG Phone 3, Tetap Jadi Smartphone Gaming Idaman
 
Menyoal daya tahan baterai, pengujian menggunakan PCMark Work for Android dengan kondisi kecerahan layar sekitar 25 persen dan tersambung ke WiFi. Asus ROG Phone 3 diketahui punya kapasitas baterai 6.000 mAh dengan daya pengisian cepat besar di 30W.
 
Review Asus ROG Phone 3, Tetap Jadi Smartphone Gaming Idaman
 
Asus ROG Phone 3 di mode biasa bisa bertahan hingga 22 jam 22 menit atau skor 22,37 sementara dengan mode X Mode bertahan 12 jam 44 menit atau skor 12,73. Artinya, konsumsi baterai tergolong hemat meskipun di penggunaan sehari-hari mungkin akan berbeda tidak terlalu jauh. Pengisian berdaya 30W diklaim bisa menyediakan pengisian cepat baterainya hingga sekitar 60-70 persen dalam waktu 45 menit.
 
Review Asus ROG Phone 3, Tetap Jadi Smartphone Gaming Idaman
 
Di pengalaman bermain game tentu saja kualitas performa sangat maksimal dibandingkan pengalaman bermain game di smartphone rentang harga Rp2 juta hingga Rp4 juta. Berdasarkan pengalaman Medcom.id, penggunaan Asus ROG Phone 3 di X Mode durasi satu jam nonstop hanya menghasilkan efek suhu sedikt hangat.
 
Hal ini mungkin berkat fitur sistem pendingan gameCool 3 yang hadir lewat desain 3D Vapor Chamber terbaru yang diklaim punya heatsink lebih besar dari seri terdahulu untuk membuat pembuangan suhu panas semakin cepat.
 
Kesimpulan
Sekali lagi, Medcom.id tidak dibuat kecewa oleh Asus ROG Phone di seri generasi ketiganya. Asus ROG Phone 3 tetap menjadi HP gaming atau smartphone gaming idaman dengan menawarkan fitur lengkap bukan sekadar prestise namanya sebagai merek gaming ternama.
Spesifikasi Asus ROG Phone 3
Prosesor Qualcomm Snapdragon 865 Plus
GPU Adreno 650
OS Android 10/ROG UI
RAM 8GB
Memori Internal 128GB
Kamera Belakang 64MP+13MP+5MP
Depan 24MP
Baterai 6.000 mAh
Layar 6,59 inci AMOLED HDR10+ 144Hz
Harga Rp9.999.000
9.8
Asus ROG Phone 3
Plus
  • Peningkatan performa
  • Fitur gaming yang ditingkatkan
  • Menyediakan paket konektot USB-C to audiojack
  • Kualitas kamera memuaskan
Minus
  • Desain tidak begitu berbeda
  • Katup karet penutup side mounting port mudah hilang


 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif