Ilustrasi jajaran smartphone terbaik 2018 versi Medcom.id
Ilustrasi jajaran smartphone terbaik 2018 versi Medcom.id

Jajaran Smartphone Terbaik 2018

Teknologi gadget editors choice
Tim Tekno • 12 Desember 2018 08:15
Jakarta: Tahun 2018 sangat menjanjikan untuk pasar smartphone Indonesia. Hal ini terbukti dengan para vendor yang berlomba meluncurkan cukup banyak produk dalam satu tahun.

Tidak hanya pada awal tahun, beberapa produsen melihat akhir tahun sebagai momentum yang tepat untuk menggenjot pemasukan dengan menghadirkan smartphone yang menarik, tentunya dengan harga yang terjangkau.

Melanjutkan tradisi, Medcom.id tahun ini kembali memilih "Ponsel Terbaik" yang sudah beredar di Indonesia. Jajaran ponsel ini kami pilih berdasarkan terbaik dari hasil pengujian internal dalam rentang waktu satu tahun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Seperti yang sudah dijelaskan, kami menguji ponsel yang beredar secara resmi, dan hanya yang resmi tersedia di Indonesia. Pilihan ponsel terbaik kami harapkan bisa membantu pembaca ketika membeli ponsel pada akhir tahun. Selain itu, pilihan ini juga menjadi penghargaan atas kerja keras produsen.

Setidaknya, kami telah menguji 48 ponsel yang meluncur sejak awal Januari sampai 10 Desember. Smartphone yang meluncur setelah tanggal itu akan masuk dalam hitungan 2019. Di bawah ini adalah daftar ponsel yang telah kami jajal.
 
Advan G3
Advan i6
ASUS ZenFone 5 (4/64)
ASUS ZenFone 5Z (6/128)
ASUS ZenFone 5Z (8/256)
ASUS ZenFone Live L1 (2/16GB)
ASUS ZenFone Live L1 (3/32)
ASUS ZenFone Max Plus M1
ASUS ZenFone Max Pro M1 (3/32)
ASUS ZenFone Max Pro M1 (4/64)
ASUS ZenFone Max Pro M1 (6/64)
Honor 10
Honor 9i
Honor 8X
Huawei Nova 3i
Huawei P20 Pro
Huawei Y5 (2018)
Infinix Zero 5
Meizu M6
Nokia 2
Nokia 6.1 Plus
Nokia 8
Oppo A83
Oppo F7
Oppo F9
Pocophone F1 (6/128)
Realme 2 (4/64)
Realme C1
Redmi 5 Plus (3/32)
Samsung Galaxy A6 2018
Samsung Galaxy A7 2018
Samsung Galaxy A9
Samsung Galaxy J6+ 2018
Samsung Galaxy J7 Duo 2018
Samsung Galaxy Note 9
Samsung Galaxy S9
Samsung Galaxy S9+
Vivo V11 Pro
Vivo V9 (4/64)
Xiaomi Mi 8 Lite (4/64)
Xiaomi Mi A2 (4/64)
Xiaomi Mi A2 Lite (4/64)
Xiaomi Redmi 5
Xiaomi Redmi 6 (4/64)
Xiaomi Redmi 6A (2/16)
Xiaomi Redmi Note 5 (4/64)
Xiaomi Redmi Note 6 Pro (3/32)
Xiaomi Redmi S2

Kami membagi rekomendasi produk berdasarkan empat kategori harga: Entry-level pada rentang harga Rp1-2 juta, kelas Mid-Low dengan kisaran Rp2-4 juta, Mid-High untuk ponsel dengan banderol Rp4-8 juta, dan kelas High-End untuk harga lebih dari Rp8 juta.

Dalam setiap kelas harga, kami mengambil tiga ponsel terbaik. Perlu diketahui bahwa nomor satu bukan berarti yang terbaik di kelasnya. Kami memberikan tiga pilihan agar konsumen bisa melihat lebih dari satu vendor yang mampu menawarkan produk menarik. Alasannya, setiap smartphone punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Untuk tahun 2018, fokus pengujian adalah ponsel Android. Adapun iOS hidup di dunia sendiri tanpa pesaing langsung karena Apple tidak membuka lisensinya kepada produsen mana pun.
Inilah Ponsel Terbaik 2018 versi Medcom.id.

 

Entry-Level

1. Realme C1



Realme C1 menjadi smartphone ketiga yang dirilis sejak kemunculan Realme di Indonesia pada pertengah tahun 2018. Menargetkan kalangan anak muda, Realme C1 hadir sebagai smartphone entry level di rentah harga Rp1-1,5 juta dan punya desain kekinian.

Bodi belakang glossy dan layar 6,2 inci berponi membuat smartphone entry level ini patut dilirik. Performa hingga daya tahan baterai yang tidak buruk dikelasnya, membuat Realme C1 jadi senjata Realme sekaligus alternatif pemain baru di kelas entry yang disegani.

2. Xiaomi Redmi 6A (2/16) 



Tampilan Xiaomi redmi 6A memang tidak istimewa dan sangat kental dengan rasa entry-level, tapi mereka masih menyediakan slot MicroSD yang terpisah dari kartu SIM. Selain itu dari segi fitur, masih ada face unlock sebagai pengganti pemindai sidik jari.

Pada dapur pacunya memang tidak bisa diandalkan untuk bermain game berat. Dari sisi kapasitas dan daya tahan baterai, Xiaomi Redmi 6A bisa bertahan cukup lama. Dibanderol dengan harga Rp1.249.000, membuatnya menjadi salah satu smartphone yang cukup murah.

3. Huawei Y5 (2018)



Huawei Y5 Prime (2018) dirilis sebagai pelengkap pilihan smartphone Huawei di kelas entry-level selain fokus di kelas menengah ke atas dan premium. Di balik desainnya yang sederhana, Huawei Y5 Prime (2018) masih memiliki keunggulan yang menjadi daya jual smartphone entry-level.

Misalnya, layar dengan bezel tipis, kamera yang bagus di kelasnya, dan daya tahan baterai hingga sembilan jam. Mengusung ukuran layar di kelas 5 inci, Huawei Y5 Prime (2018) jadi pilihan pengguna yang masih menggemari smartphone yang ukurannya tidak bongsor.





 

Mid-Low

1. ASUS ZenFone Max Pro M1 (4/64)



Menyediakan beragam pilihan kapasitas RAM dan memori, ASUS ZenFone Max PRo M1 RAM 4GB jadi pilihan bagi konsumen yang menginginkan smartphone dengan RAM besar tapi harga yang masih ideal dengan isi kantong.

Dibanderol Rp2.799.000, ASUS Zenfone Max Pro M1 dibekali prosesor Qualcomm kelas menengah dengan kapasitas baterai besar 5.000 mAh dan layar ukuran 6 inci. Ini jadi paket lengkap untuk modal bermain game populer seperti PUBG Mobile dalam waktu cukup lama.


2. Xiaomi Redmi Note 6 Pro (3/32)



Tidak hanya menyoal spesifikasi yang mampu menyuguhkan performa yang baik, baik secara keseluruhan maupun pada performa kamera, Redmi Note 6 juga menampilkan desain yang lebih baik jika dibandingkan dengan perangkat Xiaomi lainnya.

Layarnya yang luas mendukung kesenangan menikmati konten pada ponsel. Mengusung prosesor versi lebih lama dari ponsel lain, Redmi Note 6 Pro tetap mampu menyuguhkan performa yang mumpuni, dengan efisiensi baterai lebih baik.


3. Realme 2 (4/64)



Ditawarkan dengan harga terjangkau, Realme 2 mencoba menyuguhkan performa tinggi untuk konsumen beranggaran terbatas. Tidak hanya menarik dari sisi desain via motif diamond cut, Realme 2 memanjakan pecinta game via fitur Game Space untuk meningkatkan performa saat mendeteksi game.

Kesenangan bermain game di Realme 2 juga didukung oleh kapasitas baterai besar, dan manajemen suhu baik sehingga tidak menyebabkan ponsel panas setelah bermain dalam jangka waktu lama. Hanya saja, dipasarkan seharga Rp1.999.000, ponsel ini tampil kurang mewah di urusan kamera.





 

Mid-High

1. Pocophone F1 (6/128)



Ponsel ini diklaim sang produsen sebagai ponsel yang terfokus pada performa. Tidak heran jika spesifikasi yang ditawarkannya tergolong tinggi, meski ditawarkan dengan harga cukup ramah kantong.

Pengguna mungkin akan mengapresiasi kehadiran layar yang tidak reflektif, memudahkan dilihat saat di bawah sinar matahari. Ponsel ini juga dibekali teknologi Liquid Cool, yang mampu menghalau peningkatan suhu berlebih saat digunakan. Meskipun demikian, mungkin ponsel ini kurang diperuntukan bagi penggemar aktivitas memotret.


2. ASUS ZenFone 5Z (6/128)



Dengan harga tergolong terjangkau, ASUS ZenFone 5Z hadir dengan performa yang baik, terutama dalam hal daya tahan baterai. Hal ini turut didukung oleh kapasitas RAM dan memori internal besar dan dimensi yang nyaman saat digenggam.

Meskipun demikian, divisi kamera ponsel ini masih belum semewah ekspektasi dan masih membutuhkan peningkatan, sebab dukungan kecerdasan buatan yang mendukungnya belum ditampilkan dalam notifikasi yang jelas.


3. Huawei Nova 3i



Huawei Nova 3i adalah salah satu smartphone kelas menengah yang solid. Ponsel ini memiliki desain yang cantik dan spesifikasi yang mumpuni. Kamera dari ponsel ini juga dapat menghasilkan foto yang cukup baik.

Huawei bahkan bersedia untuk memasukkan beberapa fitur unggulan seperti Handheld Night Mode, meski jangan berharap hasil foto Nova 3i akan sebaik hasil foto Huawei P20 Pro.






High-End

1. Huawei P20 Pro



Ketika membuat review P20 Pro pada bulan Juni, kami sudah menduga bahwa smartphone ini akan menjadi salah satu smartphone terbaik sepanjang 2018.

Warna yang unik, desain trendi, performa yang mumpuni, dan kamera yang sangat baik adalah alasan mengapa P20 Pro sukses menjadi salah satu smartphone premium terbaik.


2. Samsung Galaxy Note 9



Jika Huawei P20 Pro cocok untuk Anda yang senang dengan fotografi mobile, Galaxy Note 9 lebih cocok untuk Anda yang mengutamakan produktivitas.

Dengan RAM besar dan memori yang lega, Anda bisa menyimpan banyak foto dan video di ponsel ini. Hasil jepretan dari Galaxy Note 9 juga sangat bagus, tidak ketinggalan S-Pen yang akan menambah fungsi untuk mempermudah aktivitas harian.


3. Samsung Galaxy S9



Galaxy S9 jadi penyempurnaan desain dari Galaxy S8 pada tahun lalu. Hasilnya, smartphone ini tampil dengan desain yang cantik.

Sayangnya, Samsung masih cukup pelit dalam mengadopsi teknologi yang menjadi tren tahun ini, seperti dua kamera. Meskipun begitu, dari segi performa, desain, dan kamera, Galaxy S9 memang pantas menjadi salah satu ponsel premium terbaik tahun ini.






(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi