Review Smartphone

Huawei Y5 Prime (2018), Ramaikan Segmen Rp1 Juta

Cahyandaru Kuncorojati 28 Juni 2018 20:26 WIB
huaweireview gadget
Huawei Y5 Prime (2018), Ramaikan Segmen Rp1 Juta
Huawei Y5 Prime (2018).
Jakarta: Huawei terus memperkuat eksistensinya di Indonesia, seiring sengitnya kompetisi smartphone. Tidak hanya merilis produk premium di Indonesia lewat Huawei P20 Pro, Huawei juga melengkapi jajaran produk smartphone terjangkau.

Salah satunya yang terbaru adalah Huawei Y5 Prime (2018), yang hadir dalam kemasan berwarna putih segar sama seperti kemasan smartphone Huawei seri premium. Mengingat pasar smartphone Indonesia di segmen terjangkau dan menengah cukup ramai, Huawei Y5 Prime (2018) yang dibanderol Rp1,5 juta patut dilirik.

 

Desain

Umumnya tidak banyak yang bisa dibicarakan dari desain sebuah smartphone di rentang harga Rp1 juta. Alasannya karena desainnya yang sederhana dan lebih menawarkan value dari spesifikasi yang dibawa.


Pembicaraan mengenai desainnya biasanya hanya soal bagus atau tidak, apabila sebuah produk tidak memiliki keunikan. Menurut Medcom.id, Huawei Y5 Prime (2018) patut digolongkan ke dalam smartphone dengan desain cukup bagus untuk harga Rp1 juta.



Meskipun menggunakan material plastik warna hitam gelap pada Huawei Y5 Prime (2018), tampilannya tidak terlihat seperti material bodi smartphone murah. Tampilannya masih tergolong elegan dengan desain layar Full View 5,45 inci, sehingga bezel di bagian kiri dan kanan layar menjadi tipis.

Layar tersebut hadir dengan resolusi 1440 x 720 HD+ yang menyisakan bezel di bagian bawah yang masih tergolong lega dan diisi dengan nama sang merek. Jadi tidak ada tombol kapasitif, tombol navigasi berada di atas layar yang muncul saat digunakan.



Huawei Y5 Prime (2018) memiliki tepian membulat dengan ketebalan bodinya 8,3mm, masih tergolong tipis dan bobotnya hanya 142 gram yang menurut kami masih ringan dan nyaman di genggam dengan satu tangan.

Sementara di bagian belakangnya kami hanya menjumpai logo Huawei dan kolom tempat kamera melekat yang disusun horizontal. Hanya terdapat satu kamera belakang dengan resolsui 13MP dilengkapi Dual LED flash.



Bagi Anda yang tidak menyukai slot kartu SIM dan memori MicroSD model hybrid, Huawei Y5 Prime (2018) hadir dengan model slot Dual SIM yang terpisah dengan slot MicroSD, sehingga Anda tidak perlu cemas soal.

 

Software & Antarmuka

Huawei Y5 Prime (2018) hadir langsung membawa sistem operasi Android 8.1 Oreo dan menggunakan antarmuka EMUI 8.0. Ciri khas smartphone Huawei adalah pada umumnya hadir dengan beragam fitur menarik.

Banyak fitur tersebut yang tidak tampil disini, misalnya navigation dock maupun mengetukkan siku jari ke layar untuk mengambil screenshot. Berdasarkan penelusuran kami, hanya tersedia fitur menyapukan tiga jari ke bagian bawah layar untuk mengambil screenshot.



Berhubung di kleas terjangkau, tidak banyak yang bisa dibahas dari software maupun antarmukanya. Secara keseluruhan, antarmuka ini sederhana dan masih enak dilihat. 

 

Kamera & Video

Saat menggunakan smartphone di harga Rp1 juta, kerap ada stigma negatif bahwa sebesar apapun angka resolusi kameranya maka hasil fotonya kurang bagus. Justru hal ini tidak berlaku untuk kamera belakang Huawei Y5 Prime (2018) yang membawa resolusi 13MP aperture f/2.0.

Dalam uji coba yang kami lakukan, hasil foto kamera belakangnya tergolong cukup bagus untuk smartphone di kelas harga Rp1 juta. Hasil foto kamera belakangnya cukup akurat dalam kondisi outdoor dan menurut kami memuaskan.









Sementara dalam kondisi indoor dengan syarat pencahayaan yang cukup, hasil foto yang dihasilkan masih memiliki akurasi warna yang tajam dan tidak gelap. Namun, dalam pencahayaan yang kurang di kondisi indoor maupun outdoor maka jangan berharap hasil fotonya akan memuaskan.

Pengalaman kami, hasil fotonya tidak akan tajam dan justru terlihat berbayang. Kemungkinan besar berbayang ini diakibatkan sensor kamera yang sangat sensitif terhadap getaran di smartphone saat menekan tombol shutter, ditambah kecepatan fokusnya masih terasa lambat.

Tidak ada banyak mode yang disediakan Huawei untuk kamera depannya hanya ada HDR, Beauty dan Panorama. Untuk kemampuan merekam video, kamera belakangnya mampu merekam video berkualitas 1080p di frame rate 30fps.

Beralih ke kamera depannya yang memiliki resolusi 5MP. Dalam kondisi pencahayaan yang cukup kualitas fotonya memuaskan, tajam dan warnanya cukup akurat. Kami menemukan kondisi fotonya terlihat seperti berbayang dalam kondisi pencahayaan yang kurang bagus sehingga timbul kesan kameranya tidak fokus.




 

Performa & Baterai

Sebagai smartphone yang dibanderol dengan harga Rp1.599.000, spesifikasi Huawei Y5 Prime (2018) sudah bisa ditebak.

Smartphone ini hadir dengan prosesor MediaTek MT6739 Quad-core 1,5GHz dan GPU PowerVR GE8100 dengan RAM 2GB dan memori internal 16GB yang bisa ditambah MicroSD hingga kapasitas 256GB.

Dalam pengujian menggunakan aplikasi 3DMark dan PCMark Huawei Y5 Prime (2018) terpantau memberikan skor yang tidak cukup besar dibandingkan beberapa smartphone lain di rentang harga yang sama.



Hal ini berakibat Huawei Y5 Prime 2018 berjalan kurang lancar saat digunakan untuk bermain game seperti PUBG Mobile, meskipun kualitas grafis game sudah di tingkat paling rendah. Bahkan tampilan karakter game kerap tidak muncul di permainan.





Disarankan untuk tidak memainkan game yang membutuhkan tampilan grafis cukup menguras performa. Perlu diingat juga bahwa Huawei Y5 Prime (2018) hanya hadir dengan RAM 2GB.

Meskipun begitu untuk multitasking untuk membuka aplikasi media sosial sekaligus peramban dan semacamnya masih terhitung lancar.

Kemudian bicara daya tahan baterainya yang hadir dengan kapasitas 3.020 mAh Huawei Y5 Prime 2018 bertahan hingga 9,5 jam lewat pengujian simulasi penggunaan multitasking yang dimiliki aplikasi PCMark. Daya tahan tersebut cukup bagus, bisa diandalkan untuk kebutuhan sehari-hari tanpa bermain game.



Kesimpulan
Huawei Y5 Prime (2018) memang bukan smartphone kelas menengah ke atas (mid-high) apalagi premium, Tidak sah apabila membandingkannya dengan smartphone di harga Rp3 juta atau lebih.

Melihat performanya, Huawei Y5 Prime (2018) sebetulnya masih layak dan tidak buruk untuk smartphone di segmen entry level. Kualitas kameranya tidak buruk dan daya tahan baterainya sangat cukup.

Mengingat smartphone ini tidak disarankan untuk bermain game, maka daya tahan baterainya mungkin bisa lebih lama lagi. Bagi Anda yang mencari smartphone terjangkau dan tidak memiliki keinginan untuk memainkan game populer saat ini, Huawei Y5 Prime (2018) tidak buruk.
 
  Huawei Y5 Prime (2018)
Prosesor MediaTek MT6739 Quad-core 1,5GHz
RAM 2GB
OS Android 8.1 Oreo/EMUI 8.0
Memori Internal 16GB + MicroSD 256GB
Kamera Belakang 13MP, Depan 5MP
Baterai 3.020mAh
Layar 5,45 inci HD+Full View 18:9
Harga Rp1.699.000
 
 
7.9
Huawei Y5 Prime (2018)
Plus
  • Layar lega aspek rasio 18:9
  • Desain ergonomis di genggaman
  • Harga masih terjangkau
  • Kamera belakang cukup memuaskan di kelasnya
  • Daya tahan baterai panjang
Minus
  • Performa kurang untuk gaming
  • Kualitas kamera depan masih bisa tingkatkan




(MMI)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard: ASUS PRIME Z370-A, MSI X470 Gaming Plus
  • VGA: Colorful iGame GTX 1070 X-TOP-8G, ASUS Strix Vega 64
  • RAM: Apacer Panther RAGE 2400MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Apacer Panther AS340 240GB + Seagate Barracuda 8TB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Mouse: Logitech G903, Logitech G603
  • Keyboard: Logitech G610 Orion, Logitech G613
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.