Genshin Impact
Genshin Impact

Review Game

Review Genshin Impact, tak Sebagus yang Ramai di Medsos

Teknologi game review game indonesia
Riandanu Madi Utomo • 18 Oktober 2020 09:10

Microtransaction Merusak Semuanya

Perlu saya akui, Genshin Impact memiliki core gameplay yang sangat solid dan menarik. Sayangnya potensi besar dalam game ini hancur oleh model distribusi free-to-play yang mengandalkan pemasukan dari microtransaction. Gacha adalah sumber pendapatan game ini. Untuk meraup pendapatan yang sebesar-besarnya, MiHoYo pun terkesan menyelipkan mekanis untuk membatasi pemain.
 
Masih ingat dengan 22 karakter yang ada di Genshin Impact? Jika ingin mendapatkan semuanya, mau tidak mau Anda harus mengandalkan keberuntungan melalui gacha. Hingga saat ini saya tidak menemukan cara lain untuk mendapatkan karakter tersebut selain melalui gacha.
 
Memang, MiHoYo memberikan sistem agar Anda bisa melakukan gacha tanpa harus mengeluarkan uang melalui sistem microtransaction-nya. Dalam game ini ada mata uang bernama Primogem yang bisa ditukar untuk kesempatan gacha.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Primogem bisa didapatkan dari banyak hal, mulai dari membuka peti harta karun hingga misi harian. Namun Anda tetap harus meluangkan banyak sekali waktu untuk mendapatkan cukup Primogem agar bisa melakukan gacha. Mekanisme ini adalah pesan dari MiHoYo, yaitu jika ingin dapat karakter dengan cepat maka gunakan microtransaction untuk mendapatkan Primogem secara instan.
 
genshin impact
 
Pada akhirnya sistem microtransaction yang ada saat ini membuat Genshin Impact bukan sebagai game action adventure RPG seperti yang dipromosikan, melainkan game koleksi karakter eksklusif. Seluruh nilai positif yang menarik dalam game ini dikaburkan demi membuat pemain fokus untuk mengkoleksikarakter dan memamerkannya di media sosial.
 
Bahkan terdapat sebuah situs yang menjelaskan "kasta" dari setiap karakter di Genshin Impact yang membuat pengunjungnya tentu saja semakin menginginkan karakter yang menduduki kasta paling tinggi.
 
Strategi MiHoYo menggunakan model free-to-play memang akan banyak menguntungkan mereka, khususnya secara finansial. Dengan target para pecinta anime yang sangat vokal di media sosial, Genshin Impact akan mudah sekali untuk dipasarkan.
 
Ditambah lagi Genshin Impact juga tersedia secara gratis untuk perangkat mobile yang memiliki jumlah pengguna sangat banyak. Saya sangat yakin jika game ini dibuat dengan kualitas lebih baik, dipasarkan hanya untuk konsol dan PC, serta tidak mengadopsi model free-to-play, tidak akan banyak orang yang membicarakannya.
 

Kesimpulan
Genshin Impact memang akan terlihat sangat menarik bagi pengguna perangkat mobile yang belum pernah memainkan game JRPG AAA seperti Final Fantasy XV, Tales of Berseria, Atelier Ryza, Legend of Heroes, Hyperdimension Neptunia, Fairy Fencer F, dan lain-lain. Namun bagi orang seperti saya yang sudah terbiasa memainkan game JRPG AAA, Genshin Impact akan terasa sangat datar.
 
Faktor lainnya, mungkin Genshin Impact memang pada dasarnya bukan game untuk saya yang kurang suka menghabiskan waktu untuk berkeliling Teyvat tanpa tujuan setiap hari demi mengumpulkan Primogem agar bisa melakukan gacha.
 
Pada akhirnya, mungkin saya akan berhenti memainkan game ini kecuali ada teman yang mengajak saya bermain bersama. Namun di luar semua pandangan negatif saya terhadap Genshin Impact, saya pun harus memuji MiHoYo karena telah berhasil menghadirkan game free-to-play dengan kualitas gameplay serta grafis yang sangat bagus untuk perangkat mobile.
Judul: Genshin Impact
Platform: PS4, PC (Windows), Android, iOS
Developer: miHoYo
Publisher: miHoYo
Tanggal rilis: 28 September 2020
Genre: Action-RPG


6.5
Genshin Impact
Plus
  • Mekanisme elemental yang menarik
  • Karakter unik
  • Grafis bagus untuk game mobile
Minus
  • Terlalu fokus pada microtransaction
  • Dunia kurang dinamis
  • Reward side quest, puzzle, dan challenge kurang istimewa
  • Sangat repetitif
  • Sistem multiplayer kurang matang

 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif