Beberapa ahli sejarah makanan berpikir bahwa konsep eggs benedict mungkin berasal dari biarawan Benediktin dari Renaissance. Tapi apakah benar? Simak informasinya. (Foto: John Baker/Unsplash.com)
Beberapa ahli sejarah makanan berpikir bahwa konsep eggs benedict mungkin berasal dari biarawan Benediktin dari Renaissance. Tapi apakah benar? Simak informasinya. (Foto: John Baker/Unsplash.com)

Asal Mula Hidangan Eggs Benedict

Rona kuliner
Raka Lestari • 11 Desember 2018 16:45
Jakarta: Eggs benedict mungkin terdengar asing, namun eggs benedict bisa dengan mudah ditemukan di menu-menu restoran ala Eropa.
 
Disajikan dengan muffin khas Inggris, hidangan ini terdiri dari dua potong daging bacon dengan telur rebus, dilumuri saus Hollandaise yang kental.  Dan mungkin ada banyak yang belum mengetahui asal muasal hidangan bertekstur creamy ini.
 
Beberapa ahli sejarah makanan berpikir bahwa konsep eggs benedict mungkin berasal dari biarawan Benediktin dari Renaissance, yang makan sepiring telur rebus yang disajikan di atas ikan cod yang sudah dihancurkan, tulis The Washington Post.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sedangkan ahli sejarah makan berpikir bahwa eggs benedict tidak ada hubungannya dengan biara dan percaya bahwa eggs benedict diciptakan oleh para orang kaya di New York yang selalu berkreasi dengan menu makanan.
 

(Eggs benedict mungkin terdengar asing, namun eggs benedict bisa dengan mudah ditemukan di menu-menu restoran ala Eropa. Foto: Constance Chen/Unsplash.com)
 
(Baca juga: 6 Makanan Terbaik Pengganti Manfaat Telur)
 
Pada tahun 1894, dikatakan bahwa ketika Lemuel Benedict, seorang pialang Wall Street, sedang mabuk di suatu pagi, dia memesan beberapa roti panggang mentega, bacon renyah, dua telur rebus, dan saus Hollandaise di Waldorf Hotel.
 
Kemudian koki legendaris asal Waldorf, Oscar Tschirky, sangat terkesan dan membuat menu tersebut untuk disajikan pada saat sarapan dan makan siang.
 
Teori lain juga berpendapat bahwa eggs benedict diciptakan oleh  istri pemodal Wall Street lain yang terkenal, LeGrand Benedict.
 
Dikutip dari Reader's Digest, menurut cerita yang beredar istri Benedict tidak puas dengan pilihan saat dia dan suaminya makan siang di restoran terkenal Delmonico di Manhattan.
 
Kemudian sang istri dilaporkan mengadakan sesi brainstorming dengan chef legendaris Charles Ranhofer atau Maitre d barulah pada saat itu eggs benedict ditemukan.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi