Rahasia Memasak Nasi Goreng Enak ala William Wongso
Mau bikin nasi goreng yang enak? Simak tips rahasianya dari pakar kuliner William Wongso. (Foto: Dok. Medcom.id/Raka Lestari)
Jakarta: Nasi goreng merupakan salah satu jenis masakan khas Indonesia yang sudah sangat terkenal sampai ke mancanegara. Dan nasi goreng akan memiliki cita rasa yang berbeda tergantung dari siapa yang membuatnya. 

Hal ini karena setiap orang biasanya memiliki cara atau teknik tersendiri dalam memasak nasi goreng yang memang terlihat mudah namun sebenarnya memerlukan beberapa teknik khusus. 

“Sebenarnya pada dasarnya, nasi goreng kan tinggal memasukkan semua bahan-bahan pembuat nasi goreng saja. Tapi kalau ini adalah cara memasak nasi goreng menurutku saja,” ujar William Wongso, pakar kuliner Indonesia di kawasan JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat, Kami, 22 November 2018. 


Langkah pertama yang harus dilakukan menurut William Wongso adalah pastikan bahwa minyak yang digunakan dalam keadaan panas. 


(Selain itu, salah satu bahan yang bisa ditambahkan dalam membuat nasi goreng menurut William Wongso adalah dengan menggunakan daun mengkudu. Foto: Dok. Medcom.id/Raka Lestari)

(Baca juga: Yuk, Coba 7 Nasi Goreng Paling Hits di Jakarta)

“Kalau mau bikin nasi goreng yang enak, pertama minyaknya harus panas. Lalu kemudian mengocok telurnya jangan sampai asal. Jangan sampai antara kuning dan putih telur terpisah.” 

“Baru kemudian setelah minyaknya panas, diaduk tetapi jangan terlalu cepat agar telurnya sedikit gosong tetapi masih wangi. Barulah kemudian masukan nasi,” tutur William. Kemudian masukkan bumbu nasi goreng dan diaduk sampai rata. 

Selain itu, salah satu bahan yang bisa ditambahkan dalam membuat nasi goreng menurut William Wongso adalah dengan menggunakan daun mengkudu. 

“Dengan menggunakan irisan daun mengkudu, aromanya akan lebih wangi. Jadi tulang daunnya bisa dibuang kemudian dikumpulkan dan kemudian dirajang halus. Setelah dirajang, kemudian digoreng dengan menggunakan api sedang.” 

Selain dapat menambah aroma nasi goreng, daun mengkudu yang digoreng juga memiliki tekstur seperti Nori atau rumput laut kering sehingga ketika dimakan akan ada tekstur crunchy pada nasi goreng. 





(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id