Enam pelajar dalam tim Ekspedisi Kayak Pelajar Indonesia 2 (Foto: Ist)
Enam pelajar dalam tim Ekspedisi Kayak Pelajar Indonesia 2 (Foto: Ist)

Ekspedisi Kayak Pelajar Indonesia Bikin Danau Toba Kian Mendunia

Rona wisata danau toba
A. Firdaus • 04 Juli 2019 21:05
Tim Ekspedisi Kayak Pelajar Indonesia menatap rekor Muri Dunia, setelah berhasil mengelilingi lingkar Danau Toba sepanjang 135 km dengan kayak. Selain menanti rekor MURI, enam pelajar ini juga turut membantu Danau Toba dan sekitarnya, seperti Pulau Samosir lebih mendunia.
 
Tuktuk: Tim Ekspedisi Kayak Pelajar Indonesia 2 menatap rekor dunia dengan mengelilingi lingkar Danau Toba Sepanjang 135 km. Bahkan Bupati Samosir, Drs. Rapidin Simbolon, resmi melepas tim tersebut, 2 Juli lalu.
 
Rekor Dunia ini tak lepas dari tekad enam pelajar yang menjadi atlit, Di antaranya Rafif Ibrahim, Landung Yudanto, Argi Nurfajri, Fahmi Muhammad Gibran, Aryadhieni Farah Ayu Susanto dan Nur Aliya Sabira. Mereka akan menggunakan empat buah kayak untuk mengitari Danau Toba.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk memulai petualangan tersebut, Tim Ekspedisi Kayak Pelajar Indonesia 2 akan menuju camp 1, camp 1 yang berada di Kawasan HKBP Sitamiang Onan Rangu. Adapun jarak tempuh etape 1 kurang lebih 24 Km. Sebelum mereka melakukan perjalanan, pengibaran bendera yang dikibaskan sebagai start dilakukan oleh Bupati di Dermaga Pelabuhan Ferry Tomok.
 
Di etape 2, yang memiliki panjang kurang lebih 28,5 Km akan berakhir di Kawasan HKBP Sinaga Uruk, etape ke 3 sepanjang kurang lebih 26,5 Km dan para atlit akan beristirahat di camp yang berada di Kawasan Polres Samosir.
 
Camp ke 4 akan berada di Kawasan HKBP Malau Simarmata dan akan ditempuh dengan jarak kurang lebih 20 Km. Selanjutnya etape ke 5 berjarak kurang lebih 24,6 Km akan berakhir di camp Kawasan GKPS Tuktuk. Para atlit akan mencapai garis finish di camp yang berada di Kawasan Pelabuhan KMP Ferry Tomok menuju Hotel Toba International Cottage dengan sebelumnya menempuh jarak kurang lebih 12 Km.
 
Sebelum ekspedisi dilepas, upacara yang juga dipimpin oleh Bupati mendapat perhatian dari warga setempat. Dihadiri sejumlah tokoh-tokoh penting, di antaranya Wakil Bupati Ir Juang Sinaga, Asisten 2 Bupati Saul Situmorang, Kepala Dinas Budpora Drs Gomgom Naibaho, perwakilan Gubernur Sumatera Utara  Drs Unggul Sitanggang, Kadis Perizinan Resman Simbolon, Kadis Pariwisata Daulat Nainggolan Skm.
 
Ekspedisi Kayak Pelajar Indonesia Bikin Danau Toba Kian Mendunia
 
“Gubernur Sumatera Utara mengapresiasi kegiatan ini. Kegiatan ini tentu akan berdampak besar bagi pariwisata di Danau Toba dan Pulau Samosir. Dan akan semakin mendunia karena kegiatan ini akan memecahkan rekor dunia sebagai pelajar yang pertamakalinya mengelilingi danau Toba menggunakan kayak,” Ucap Kepala Dinas Bupdar, Gomgom Naibaho.
 
Selain memecahkan rekor dunia, tim EKPI 2 yang tergabung dalam kegiatan URaL SMA 28 juga akan melakukan kegiatan penelitian Sosiologi Pedesaan di Pulau Samosir. Tim Sosiologi Pedesaan terdiri dari Kayten Sadewo, Safira Diva Syaharani dan Rakha’ Ayu Rengganis.
 
Mereka juga didukung oleh tim support yang terdiri dari, Kevin Raihan Yassin, Naifa Vania Aribah, Nathania Andine Nariswari dan Sekar Ayu Kencana Wulan. Plus dua orang pendamping Saleh Alatas dan Nila Kusumawardhani.
 
Sebagai informasi, URaL 28 adalah organisasi pencinta alam yang berada di lingkup SMA Negeri 28 Jakarta. Berdiri sejak 1982 dan telah melahirkan 38 angkatan dengan total anggota berjumlah kurang lebih 900 orang.
 
URaL kepanjangan dari Udara, Rimba, Laut memiliki 3 grup. Grup 1 berorientasi pada kegiatan pendakian gunung, mendaki tebing dan jelajah gua. Grup 2 berorientasi pada kegiatan bahari seperti dayung, layar dan juga arung jeram. Sedangkan Grup 3 berorientasi pada kegiatan penelitian dan studi observasi.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif