Boba Drink Truedan (Foto: Ist)
Boba Drink Truedan (Foto: Ist)

Mencicip Cita Rasa Boba Pertama di Taiwan

Rona minuman boba
A. Firdaus • 01 Desember 2019 21:14
Jakarta: Boba adalah bola tapioka yang kerap menjadi isi dari minuman, seperti bubble tea atau milk tea. Boba ini biasanya berbahan dasar tepung dari singkong.
 
Boba, yang merupakan minuman trendi dari Taiwan ini mulai banyak digandrungi pencinta kuliner Indonesia dalam beberapa tahun ke belakang. Itu dilihat dari banyaknya gerai boba yang berserakan di mal atau pusat perbelanjaan.
 
Meski begitu, hanya bisa dihitung dengan jari yang benar-benar asli dari Taiwan. Sehingga sebagai pencinta boba rasanya seperti ada yang kurang lengkap menikmati minuman mutiara tersebut.

Gula kreasi sendiri

Berawal membuka gerai di Pasar Malam Shilin, Truedan yang merupakan gerai boba pertama di Taiwan, hadir pada 2010. Istimewanya, mereka membuat boba dengan mengkreasi gula sendiri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Keistimewaan itu bukan diciptakan semalam saja. Truedan lebih dulu melakukan penelitian selama setahun agar bisa membuat boba yang berkualitas dan diterima masyarakat.
 
Pembuatannya tidak lagi menggunakan cara konvensional. Yang biasanya cuma menggabungkan sirup gula merah siap pakai.
 
Mencicip Cita Rasa Boba Pertama di Taiwan
Boba dan sandwich truedan. (Foto: Ist)
 
Truedan mengkaramel gula merah yang diproduksi sendiri. Mengubahnya dari butiran halus menjadi cairan gula kental keemasan.
 
Barulah kemudian boba dimasak di dalam sirup, hingga menghasilkan boba yang kenyal, aromatik, pearlfection. Tak hanya itu, demi menjaga kesegaran dan teksturnya, boba-boba tersebut dimasak dan diganti dengan teratur setiap dua jam sekali.

Boba sehat

Biasanya minuman boba identik dengan ancaman penyakit seperti diabetes. Tapi Truedan sudah mengantisipasinya dengan melakukan beberapa inovasi.
 
"Kami mengganti gula biasa menjadi brown sugar biar lebih sehat. Kemudian kami memberikan diferensiasi dengan brown sugar untuk menggantikan gula biasa dan tentu saja, memilih susu yang terbaik agar truedan bisa diterima masyarakat," ujar Kova salah satu founder Truedan.
 
Truedan kini telah memiliki lebih dari 100 gerai di seluruh dunia. Termasuk di antaranya Amerika Serikat, Australia, Singapura, Macau, dan Jepang. Pengalaman lebih dari 8 tahun dan jumlah outlet, menjadikan brand ini sebagai salah satu raksasa produsen boba asal Taiwan.
 
“Sejak awal, Truedan berkomitmen untuk selalu menyajikan minuman terbaik kepada para pelanggan. Semua bahan yang digunakan merupakan bahan-bahan alami dengan kualitas tinggi dan diproduksi di pabrik sendiri oleh orang-orang berpengalaman di Taiwan. Itu menjadikan boba yang dimiliki Truedan sebagai salah satu yang terbaik,” tutur Roan, yang juga founder Truedan.

Injakkan kaki untuk pertama kalinya di Indonesia

Melangkah nyaris satu dekade, inovasi lainnya pun juga dicoba usai melakukan beberapa penelitian. Salah satunya menghadirkan menu makanan lewat sandwich-nya.
 
Indonesia merupakan salah satu negara di mana masyarakatnya sangat menggemari telur. Bersamaan dengan itu, Truedan membuka gerai pertama mereka di Tanah Air, akhir pekan lalu.
 
“Kami datang ke Indonesia membawa sebuah inovasi terbaru minuman boba. Kami satu-satunya gerai minuman boba yang juga menyajikan makanan untuk para pelanggan yang datang. Para pencinta boba yang kian hari kian meningkat tentu akan sangat merasa dimanjakan dengan apa yang kita sajikan. Itu sejalan dengan visi dan misi kami membuka gerai di sini, yaitu untuk memberikan hanya cita rasa terbaik dan menjadi brand minuman boba nomor 1 dengan konsep yang berbeda”, Gerald Hee – Master Franchisee Truedan Indonesia.
 
Tak seperti gerai boba lainnya, Truedan mengusung konsep cafe yang berbeda. Lebih kental dengan nuansa restoran modern yang nyaman bagi pelanggan, agar dapat duduk bersantai bersama teman maupun keluarga selagi menikmati minuman dan makanan.
 
Jadi, para pelanggan tidak perlu berdiri ataupun mencari tempat lain terlebih dahulu untuk menikmati hidangannya. Truedan meyakini bahwa, cita rasa makanan dan minuman yang lezat perlu didukung dengan keberadaan tempat yang menyenangkan.
 
Truedan membanderol minuman bobanya dengan kisaran harga Rp20 ribu – Rp49ribu, tersedia dalam ukuran sedang dan besar. Yang paling penting ada pilihan level kadar gula dari 0%, 30%, 50%, 70%, dan 100%. Sementara untuk sandwichnya dibanderol pada kisaran harga Rp 20.000 – Rp 45.000, tersedia dalam menu a la carte dan paket dengan minuman, pilihannya bervariasi mulai dari tuna, daging ayam, dan daging sapi.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif