medcom.id, Jakarta: Semua orang berharap bisa liburan tanpa hambatan. Namun, terkadang ada saja masalah yang membuat liburan menjadi kurang nyaman.
Berikut ini tips mengatasi berbagai hambatan saat berwisata, tanpa panik.
1. Tertinggal Pesawat
Untuk menghindari tertinggal pesawat, disarankan datang dua jam sebelum jadwal penerbangan. Jika Anda telanjur terlambat dan pesawat telah lepas landas, segera hubungi maskapai penerbangan dan undur jadwal penerbangan Anda. Dengan demikian, uang Anda tak akan hangus karena tertinggal pesawat.
Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?
2. Pembatalan Pesawat
Setiap orang akan kesal jika maskapai penerbangan membatalkan penerbangan secara mendadak. Namun, tak usah khawatir karena biasanya maskapai menyediakan kompensasi.
3. KTP atau Paspor Hilang
Segera laporkan ke pos polisi terdekat jika KTP atau paspor hilang. Jika ada asuransi perjalanan, pastikan untuk mengajukan klaim. Namun jika sedang di luar negeri, segera laporkan ke pos polisi terdekat atau kantor kedutaan. Di kedutaan biasanya bisa diproses dalam waktu cepat, sekitar satu jam.
4. Bagasi Hilang
Jika ada barang yang hilang, segera klaim ke pengaduan kehilangan bagasi atau ke maskapai dalam waktu 24 jam. Jika lewat dari tenggat, bantuan yang diberikan biasanya tidak akan maksimal. Pertimbangkan untuk tidak meletakkan barang berharga di bagasi.
5. Kartu Kredit Hilang atau Dicuri
Jika kehilangan kartu kredit di luar negeri, segera hubungi bank penerbit atau perusahaan kartu kredit untuk melakukan pemblokiran dan mengurus kehilangan.
6. Ponsel Hilang atau Dicuri
Sama seperti poin ketiga, segera laporkan ke pos polisi terdekat. Alangkah baiknya jika mengunduh aplikasi yang akan membantu melacak perangkat menggunakan GPS.
7. Hotel Penuh
Sebaiknya booking hotel sejak jauh-jauh hari. Namun jika penuh, biasanya pihak hotel (tidak semuanya) akan memandu Anda untuk mencari kamar yang sebanding di hotel lain.
8. Barang Dicuri dari Kamar Hotel
Anda mungkin berpikir pihak hotel akan bertanggung jawab atas kehilangan barang apa pun. Pada kenyataannya, tidak. Yang bisa Anda lakukan ialah melaporkan kehilangan barang kepada pihak hotel dan otoritas setempat.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News(DEV)