Meski bukan negara besar, Taiwan memiliki beragam kuliner makanan. Bahkan telah menjadi menu utama jika mengunjungi pasar malam (Foto Ilustrasi: Chris Slupski/Unsplash.com)
Meski bukan negara besar, Taiwan memiliki beragam kuliner makanan. Bahkan telah menjadi menu utama jika mengunjungi pasar malam (Foto Ilustrasi: Chris Slupski/Unsplash.com)

Pasar Malam di Taiwan, Surga Kuliner Tradisional Negara Formosa

Rona taiwan kuliner asia
Sunnaholomi Halakrispen • 24 Februari 2019 15:08
Pasar malam di Taiwan cukup banyak kulinernya. Mulai dari tahu busuk hingga aneka makanan panggang menjadi kuliner favorit malam hari.
 
Jakarta:
Berjalan di pasar malam mungkin membosankan dan tentunya tidak dikelilingi ornamen yang mewah. Namun di Taiwan, imajinasi dan inovasi yang dipamerkan di beberapa kedai makanannya merupakan sesuatu yang patut dilihat.
 
Tak hanya dilihat, pasar malam di Negara Formosa, -pulau yang indah, ini juga ternyata menyajikan beragam kuliner tradisional. Konsep pasar malam dengan sajian makanan tradisional ini sengaja tak diubah dalam bebeberapa generasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jadi jika Anda berada di Vietnam, atur waktu untuk bisa mengunjungi pasar malam. Karena ada makanan tradisional yang biasanya tersaji di empat kota besar di Taiwan yang bisa Anda nikmati. Apa saja itu?

1. Tahu busuk


Mungkin aneh mendengar kata busuk pada makanan. Akan tetapi, nama jenis makanan yang satu ini merupakan hasil fermentasi tahu yang kemudian digoreng.
 
Pasar Malam di Taiwan, Surga Kuliner Tradisional Negara Formosa
Meski terdengar aneh, tapi tahu busuk ini banyak digemari. (Foto: CNN)
 
Di Taiwan, tahu busuk disajikan dengan acar kol dan sebagainya. Tidak hanya negara ini, tahu busuk juga dijual di Tiongkok, Hong Kong, dan beberapa negara di Asia. Namun, tahu yang dijual di Taiwan memiliki rasa yang khas. Anda bisa menemukannya di pasar malam Raohe, Kota Taipei.

2. Nasi sosis Taiwan


Makanan ini patut Anda coba. Sebab Anda akan melihat dan mencicipi nasi yang dibungkus dengan sosis Taiwan. Nasi sosis ini kemudian dipanggang dan dipotong terbuka. Sehingga berbentuk seperti roti dengan rasa yang manis.
 
Pasar Malam di Taiwan, Surga Kuliner Tradisional Negara Formosa
Selain tahu, nasi sosis ini juga makanan yang paling menarik di Taiwan (Foto: CNN)
 
Nasi sosis Taiwan terlihat seperti makanan yang unik dan cukup menarik perhatian. Anda bisa menemukan makanan ini di pasar malam Ruifeng, Kaohsiung.

3. Roti peti mati

Spesialisasi camilan dari pasar malam di Taiwan adalah sepotong roti putih dengan ukuran yang tebal. Digoreng hingga terasa crunchy berwarna keemasan. Kemudian bagian atasnya dibiarkan terbuka. Sebab akan dituangkan krim chowder seafood.
 
Kira-kira roti peti mati ini lebih mirip roti San Francisco. Tertarik untuk mencoba? Anda bisa menemukan roti ini di pasar malam Xiaobei, Tainan.

4. Makanan panggang


Anda bisa menemukan berbagai makanan yang dipanggang. Mulai dari makanan laut dari segala jenis, sayap ayam, perut sapi, tahu dalam segala bentuk dan ukuran, serta kacang. Bahkan yang ekstrem adalah ular panggang.
 
Pasar Malam di Taiwan, Surga Kuliner Tradisional Negara Formosa
Makanan panggang dengan beragam bahan juga banyak peminat (Foto: CNN)
 
Berbagai jenis makanan itu selanjutnya ditaburi saus dengan berbagai pilihan, seperti saus gula merah manis dan asam. Bisa juga saus cabai manis dan saus sambal sha cha (udang kering). Bisa dibilang ini seperti jajanan barbekyu.
 
Anda juga bisa menikmatinya tanpa saus apa pun dan rasanya tidak kalah lezat. Warung barbekyu ini dapat Anda temukan di pasar malam Feng Jia, Taichung.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif