(Keidahan Likupang yang jadi salah satu Destinasi Super Prioritas kelima. Foto: Dok. Biro Komunikasi Publik Kemenparekraf)
(Keidahan Likupang yang jadi salah satu Destinasi Super Prioritas kelima. Foto: Dok. Biro Komunikasi Publik Kemenparekraf)

Menjaga Konsistensi Sektor Pariwisata sebagai Penyumbang Ekonomi Bangsa

Rona wisata Kabinet Jokowi-Maruf Kemenparekraf 100 Hari Jokowi-Maruf
Yatin Suleha • 22 Januari 2020 20:39
Jakarta: Pariwisata memang tak lepas dari salah satu penyumbang devisa di Indonesia. Oktober 2019 lalu bahkan Menteri Pariwisata sebelumnya yaitu Arief Yahya mengatakan sektor pariwisata telah ditetapkan sebagai sektor unggulan penyumbang ekonomi bangsa oleh pemerintah melampaui CPO (minyak sawit mentah).
 
“Saya optimistis tahun ini dan lima tahun ke depan, industri pariwisata menjadi salah satu yang menyumbangkan devisa terbesar, mengalahkan sektor lain dengan proyeksi nilai sebesar 20 miliar dolar AS,” kata Arief Yahya Oktober 2019 lalu seperti dikutip dalam laman resmi Kemenpar.
 
Dan capaian di sektor pariwisata itu juga diakui perusahaan media di Inggris, The Telegraph yang mencatat Indonesia sebagai “The Top 20 Fastest Growing Travel Destinations”.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menjaga Konsistensi Sektor Pariwisata sebagai Penyumbang Ekonomi Bangsa
(Candi Borobudur. Foto: Pexels.com)

Lahirnya 10 Destinasi Bali Baru

Salah satu strategi pemerintah mengembangkan destinasi unggulan, terutama di destinasi pariwisata adalah lahirnya 10 Destinasi Bali Baru, dan 4 Destinasi Super Prioritas.
 
Menteri Pariwisata Arief Yahya mengistilahkan 10 destinasi wisata yang menjadi prioritas pemerintah sebagai "10 Bali Baru".
 
Istilah "10 Bali Baru" itu merupakan makna kiasan dan lebih untuk memberi tekanan agar "performance" masing-masing daerah itu bisa menyamai Bali yang setahun bisa mendatangkan empat juta wisatawan mancanegara. Dan arti dari 4 Destinasi Super Prioritas adalah lebih difokuskan dari enam destinasi lain.
 
Sepuluh destinasi pariwisata yang menjadi prioritas pemerintah pada 2016 adalah Danau Toba (Sumut), Belitung (Babel), Tanjung Lesung (Banten), Kepulauan Seribu (DKI Jakarta), Candi Borobudur (Jateng), Gunung Bromo (Jatim), Mandalika Lombok (NTB), Pulau Komodo (NTT), Taman Nasional Wakatobi (Sulawesi Tenggara), dan Morotai (Maluku Utara).
 
Dan empat Destinasi Super Prioritas antara lain Danau Toba, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo. Sepuluh destinasi pariwisata 2016 itu tidak akan dibuat mirip seperti Bali karena masing-masing daerah tersebut memiliki karakteristik, kombinasi alam, dan budaya tersendiri.
 
Menjaga Konsistensi Sektor Pariwisata sebagai Penyumbang Ekonomi Bangsa
(Savana di atas Bukit Pulisan. Foto: Dok. Biro Komunikasi Publik Kemenparekraf)

Lima Destinasi Super Prioritas

Dalam perkembangannya Presiden Joko Widodo menambahkan satu lagi destinasi super prioritas pada Juli 2019 lalu. Yang terbaru yaitu Likupang. Likupang jadi sebuah nama baru bagi primadona destinasi wisata di Indonesia.
 
Likupang berada di Sulawesi, tepatnya di daerah paling utara di Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Luas Likupang sekitar 200 hektar. Likupang juga punya kawasan pesisir dan pantai berpasir putih.
 
“Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bertugas mempromosikan lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas. Untuk Likupang, kami optimis dalam mempromosikannya karena tidak hanya menjual Likupang tapi juga Sulawesi secara keseluruhan,” ujar Sekretaris Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Masruroh saat ditemui dalam acara Promosi Pariwisata pada Media Nasional pada November lalu.
 
Sulawesi Utara tidak hanya Manado atau Bunaken saja yang seperti selama ini dikenal, tapi ada kecantikan alam lainnya yang tak kalah memesona.
 
Pulau Lihaga, pantai Paal, pantai dan gua Pulisan (tengah dibangun KEK), bukit Pulisan (masih dalam kawasan pantai Pulisan). Pantai Paal dan Pulisan adalah kawasan pesisir yang menjadi pusat KEK Pariwisata di Likupang.
 
Hal ini dikuatkan oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Octavianus Estefanus Kandouw. Ia mengatakan bahwa, "Fakta bukan ngarang, pertumbuhan turis internasional kami paling tinggi di Indonesia, dari 12.000 setahun, sekarang 12.000 sebulan," papar Wagub Sulut.
 
Saat ini, ujar Steven, wisatawan mancanegara yang datang ke Sulawesi Utara masih didominasi wisatawan asal Cina yang memanfaatkan penerbangan langsung dari sejumlah daerah di Cina ke Manado.
 
Saat penerbangan langsung dibuka pertama kali pada 2016, jumlah penumpang sebanyak 40 ribu. Lalu meningkat pada 2017 sebesar 90 ribu, 2018 sebanyak 126 ribu, dan 2019 hingga November lalu sebesar 129 ribu.
 
Menjaga Konsistensi Sektor Pariwisata sebagai Penyumbang Ekonomi Bangsa
(Antusiasme terlihat pada pagelaran Ferien Messe Wien (FMW), pameran wisata tahunan terbesar di Austria, kali ini dilaksanakan sejak 16 -19 Januari 2020 di kota Wina, Austria. Foto: Dok. KBRI Wina)

Melanjutkan agenda

Dan sejak Oktober 2019 lalu, Wishnutama Kusubandio resmi menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif saat pengumuman Menteri Kabinet Indonesia Maju 2019-2024 di Istana Negara, Jakarta, Rabu 23 Oktober 2019.
 
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio menyatakan akan memaksimalkan persiapan 'Bali Baru', sesuai dengan yang ditetapkan Presiden Jokowi sebelumnya. Tama menyatakan, selain ke-10 destinasi itu ada lima destinasi yang menjadi fokusnya.
 
"Danau Toba, Likupang, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, ada lima fokus. Ini menjadi target kita untuk bisa jadi daya tarik," ujar Wishnutama pada November 2019 lalu.
 
Hal lain yang dilakukan juga memperkenalkan lima destinasi super prioritas ke Ferien Messe.
 
Ferien Messe merupakan pameran wisata terbesar di Austria yang dihadiri oleh 150 ribu pengunjung dan diikuti oleh 800 peserta pameran dari 80 negara. Pameran tersebut berlangsung pada 16-19 Januari 2020 lalu yang merupakan yang terbesar di Austria.
 
Selain itu, sebelumnya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) juga mengundang wartawan dan influencer dari Dubai dalam gelaran Media Trip dalam upaya mempromosikan Indonesia menjadi tuan rumah MotoGP, yang sedianya akan diselenggarakan 2021.
 
Menjaga Konsistensi Sektor Pariwisata sebagai Penyumbang Ekonomi Bangsa
(Kemenparekraf mengundang wartawan dan influencer dari Dubai dalam gelaran Media Trip pada Desember 2019 lalu. Foto: Dok. Biro Komunikasi Publik Kemenparekraf)
 
Media trip ini mengajak para jurnalis yang bermarkas di Dubai, serta influencer sosal media (Sosmed), travel agent, dan perwakilan VITO (Visit Indonesia Tourism Officer) di Dubai tersebut yang mulai mempromosikan MotoGP Mandalika kepada masyarakat internasional yang ada di Dubai.
 
Dan komitmen tersebut masih terus dilakukan. Hal ini ditandai dengan komitmen Presiden Jokowi agar pariwisata tetap menggeliat menjadi pariwisata kelas dunia.
 
"Saya dengan para menteri ke NTT ini untuk apa? Kita ingin membangun Labuan Bajo. Airportnya, mulai tahun ini, landasannya akan diperpanjang, terminal tunggu juga akan diperbesar dan diperbaiki," kata Jokowi kepada masyarakat NTT yang hadir dalam acara penyerahan sertifikat hak atas tanah untuk rakyat pada Selasa, 21 Januari 2020 lalu, di Kabupaten Manggarai Barat, NTT.
 
Menurut dia, Labuan Bajo perlu dibenahi agar turis-turis dari mancanegara yang datang bisa menikmati suasana budaya di Labuan Bajo.
 
Dalam sejumlah kesempatan, Jokowi selalu mengatakan agar pariwisata Indonesia mampu bertransformasi menjadi sektor utama penggerak perekonomian nasional.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif