Persiapan terus digencarkan agar MotoGP Mandalika berjalan ciamik (Foto: Kemenparekraf)
Persiapan terus digencarkan agar MotoGP Mandalika berjalan ciamik (Foto: Kemenparekraf)

Berbagai Fasilitas Mewah Bakal Hadir saat MotoGP Mandalika Berlangsung

Rona motogp indonesia Kemenparekraf
Sunnaholomi Halakrispen • 23 Januari 2020 13:20
Jakarta: Kawasan Mandalika Nusa Tenggara Barat akan menjadi tuan rumah MotoGP 2021. Persiapan pun kian digencarkan seperti yang dikatakan Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah.
 
"Persiapan MotoGP dari apa yang direncanakan, terus berjalan. Lintasan sirkuit sedang dipersiapkan semuanya. Kemudian hal-hal yang terkait dengan pembebasan tanah dan lain-lain sudah berjalan dengan baik," ujar Rohmi di Gedung Kemenparekraf, Jakarta Pusat.
 
Rohmi mengaku bahwa, semuanya dalam persiapan yang matang. Termasuk, soal beragam keperluan serta kelengkapan akomodasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Setidaknya pada 22 Januari 2020, sebanyak 10.000 kamar hotel telah dipersiapkan. Pemerintah Provinsi NTB juga bekerja sama dengan sejumlah pihak untuk menambah akomodasi glamping, atau penginapan menggunakan tenda yang dikemas dengan nyaman.
 
"Nantinya bukan hanya hotel biasa tapi ada glamping yang adanya saat MotoGP saja, nanti dibongkar lagi. Lalu ada kapal pesiar yang juga bisa dimanfaatkan untuk orang menginap," paparnya.
 
Terkait persiapan lokasi MotoGP 2021, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI juga siap membantu menyukseskannya. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Parekraf, Wishnutama Kusubandio.
 
"Mandalika MotoGP 2021 sebagai salah satu upaya kita mengangkat destinasi pariwisata super prioritas Mandalika ke kancah dunia," tutur Menteri Tama.
 
Menparekraf yang akrab disapa Tama ini menekankan, masyarakat NTB patut bersyukur dikaruniai beranekaragam budaya yang menarik dan keindahan alam yang memesona. Di antaranya, kawasan ekonomi khusus (KEK) Mandalika yang oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah ditetapkan sebagai satu di antara lima destinasi super prioritas.
 
"Presiden Joko Widodo sudah beberapa kali ke Mandalika meninjau kemajuan destinasi super prioritas tersebut. Saya sendiri setelah dilantik menjadi Menparekraf, destinasi yang pertama kali saya kunjungi adalah Mandalika pada November 2019," akunya.
 
Tama menyatakan, keseriusan Presiden Joko Widodo dalam mewujudkan Mandalika sebagai destinasi kelas dunia harus disambut dengan kerja keras. Salah satunya, dengan menyukseskan event Mandalika MotoGP 2021 yang akan membawa brand Mandalika dan NTB ke tingkat dunia.
 
"Mandalika MotoGP 2021 akan disaksikan ratusan juta pemirsa di seluruh dunia. Ini akan memberikan awareness wisatawan dunia terhadap Mandalika. Selain itu, sekitar 150.000 wisatawan yang akan menonton langsung jalannya balap motor tersebut, memberi dampak ekonomi bagi masyarakat setempat," pungkasnya.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif