Ilustrasi--Pexels
Ilustrasi--Pexels

12 Benda yang Sebaiknya Tidak Disimpan dalam Tas Tangan

Rona keamanan
Anda Nurlaila • 10 Juli 2019 11:27
Terkadang kita kerap tak peduli dan kerap menyimpan benda apa pun di dalam tas tangan. Ternyata tak semua benda aman disimpan dalam tas tangan.
 

Jakarta: Tas tangan sudah menjadi salah satu kebutuhan yang membantu sepanjang hari. Berbagai peralatan dan barang kebutuhan biasanya disimpan dalam tas.
 
Namun, ada beberapa hal yang sebaiknya tidak disimpan dalam tas tangan dengan berbagai alasan, dari keamanan hingga kesehatan. Reader Digest memberikan beberapa benda yang sebaiknya tidak Anda simpan dalam tas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kata sandi
 
Cara terbaik adalah mengingat kata sandi. Namun sebagian orang memilih menyimpan kata sandi dalam tas ketimbang di rumah karena selalu membawa kemana-mana. CEO dan presiden Identity Theft Resource Center Eva Velasquez mengatakan, hal ini tidak benar karena risiko kehilangan tas lebih besar daripada rumah mengalami pembobolan.
 
Kartu debit
 
Kartu debit berisiko tinggi mengalami pembobolan saat melakukan transaksi pembelian. CEO grup cybersecurity Sileo Group John Sileo mengatakan, lebih aman bertransaksi dengan uang tunai. Sehingga sebelum membeli, siapkan uang tunai dengan menariknya dari mesin ATM dengan sandi.
 
Laptop
 
Elektronik ini mungkin benda terberat dalam tas. Membawa tas berisi laptop akan membuat bahu tegang, postur yang tidak seimbang, atau bahkan cedera leher, tulang belakang, dan bahu, kata Chiropractic Steven Shoshany.  Jika ingin membawa laptop gunakan tas khusus laptop atau pakai ransel yang mendistribusikan berat lebih merata.
 
Tanda terima
 
Seorang penjahat dapat menggunakan tanda terima dan beberapa kartu lain sehingga lebih mudah menggunakannya. "Tanda terima memberi gambaran kepada pencuri tentang siapa Anda dan dimana Anda berbelanja," Pencuri dapat membeli lebih banyak barang dan mengosongkan kartu Anda. Jadi, sesampai di rumah segera hancurkan tanda terima pembelian barang.
 
Ponsel yang tidak bersandi
 
Membiarkan ponsel tanpa kata sandi memungkinkan orang lain mengakses informasi yang tersimpan dalam aplikasi. Bahkan kata sandi empat digit dapat mudah diretas oleh pencuri. Jadi gunakan kode yang lebih panjang, atau masuk menggunakan sidik jari, wajah, atau pengenalan suara, kata Sileo.
 
Payung
 
Selalu menyimpan payung untuk mengantisipasi kemungkinan hujan memang baik, tapi payung menambah beban yang tidak perlu. "Sebaiknya simpan payung di mobil, tempat kerja atau di rumah," kata Shoshany.
 
Buku cek
 
Sileo menyarankan mencari cara alternatif untuk membayar karena cek sangat mudah dicuri. Jika tetap ingin membayar dengan cek, simpan beberapa lembar cek di tas, bukan seluruh buku cek.
 
Produk kecantikan lengkap
 
Jangan membebani punggung dengan aneka botol perawatan produk. Tekanan berat seiring waktu akan menarik bahu keluar. "Bawa kosmetik dengan ukuran yang lebih kecil untuk meringankan beban," katanya.
 
Kartu identitas pekerjaan
 
Memberi orang asing akses ke tempat kerja dapat menyebabkan masalah besar. Siapkan tas terpisah saat akhir pekan atau keluarkan kartu identitas kantor saat Anda meninggalkan kantor.
 
Kartu hadiah
 
Seperti uang tunai, sulit mendapatkannya kembali saat Anda kehilangan giftcard. Jadi simpan dan bawa hanya jika Anda ingin menggunakannya. Jika takut lupa saat berkeliling untuk belanja, tinggalkan kartu hadiah di mobil dan samarkan.
 
Nomor jaminan sosial
 
Nomor jaminan sosial adalah informasi penting bagi pencuri untuk melakukan pencurian identitas. Kecuali saat pindah kerja, tinggalkan kartu jaminan sosial di tempat aman di rumah.
 
Paspor
 
Karena paspor sulit dipalsukan, yang asli akan lebih mudah diterima daripada dokumen curian lainnya, kata Velasquez. Hanya bawa jika itu menjadi identitas utama Anda seperti saat bepergian di luar negeri.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif