Peneliti psikologi David Buss dan Cindy Meston menemukan 237 motivasi seks yang muncul dalam Archives of Sexual Behavior edisi Agustus 2007. (Foto: Pexels.com)
Peneliti psikologi David Buss dan Cindy Meston menemukan 237 motivasi seks yang muncul dalam Archives of Sexual Behavior edisi Agustus 2007. (Foto: Pexels.com)

Riset Ungkap Alasan Manusia Berhubungan Seks

Rona riset seks dan kesehatan
Anda Nurlaila • 19 Maret 2019 15:51
Peneliti psikologi David Buss dan Cindy Meston menemukan 237 motivasi yang muncul dalam Archives of Sexual Behavior edisi Agustus 2007. Penelitian baru di The University of Texas di Austin mengungkapkan motivasi seseorang melakukan hubungan intim sangat beragam kompleks, berkisar dari spiritual hingga dendam.
 

 
Jakarta:
Banyak orang menganggap bahwa hubungan seksual bertujuan sederhana, seperti memeroleh kesenangan seksual atau bereproduksi. Tetapi sebuah penelitian baru di The University of Texas di Austin mengungkapkan motivasi seseorang melakukan hubungan intim sangat beragam kompleks, berkisar dari spiritual hingga dendam.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Setelah melakukan salah satu studi paling komprehensif tentang mengapa orang melakukan hubungan seks, peneliti psikologi David Buss dan Cindy Meston menemukan 237 motivasi, yang muncul dalam Archives of Sexual Behavior edisi Agustus 2007.
 
Motivasi berhubungan seksual berkisar dari sesuatu yang bersifat duniawi seperti merasa bosan hingga yang bersifat spiritual misalnya ingin merasa lebih dekat dengan Tuhan.
 
Hubungan intim juga bisa mengungkap sifat altruistik, seperti ingin pasangan seks merasa baik tentang dirinya sendiri hingga yang bersifat manipulatif seperti ingin mendapat promosi.
 
Beberapa peserta mengatakan mereka melakukan hubungan seks untuk merasa kuat, yang lain merendahkan diri. Beberapa ingin mengesankan teman-teman mereka, sementara lainnya untuk menyakiti musuh-musuh mereka.
 
Riset Ungkap Alasan Manusia Berhubungan Seks
(Penelitian baru di The University of Texas di Austin mengungkapkan motivasi seseorang melakukan hubungan intim sangat beragam kompleks, berkisar dari spiritual hingga dendam. Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
 
(Baca juga: Survei: Wanita dan Pria Punya Jam Gairah Berbeda)
 
Buss dan Meston melakukan dua penelitian. Pada riset pertama, mereka meminta lebih dari 400 pria dan wanita untuk mengidentifikasi alasan mereka berhubungan seks. Yang kedua, para peneliti bertanya kepada lebih dari 1.500 mahasiswa tentang pengalaman dan sikap mereka.
 
Para psikolog Texas mengidentifikasi empat faktor utama dan 13 sub-faktor mengapa orang berhubungan seks, seperti dikutip Science Daily:
 
1. Alasan fisik seperti mengurangi stres.
 
2. Alasan berbasis tujuan, termasuk pertimbangan utilitarian atau praktis seperti ingin punya bayi, status sosial misalnya ingin menjadi populer dan balas dendam seperti ingin menularkan penyakit seksual kepada orang lain.
 
3. Alasan emosional seperti cinta dan komitmen seperti ingin merasa terhubung dan ekspresi misalnya ingin mengucapkan 'terima kasih'.
 
4. Alasan berbasis ketidakamanan, termasuk harga diri ("Saya ingin perhatian"), perasaan akan kewajiban atau tekanan ("Pasangan saya terus mendesak") dan untuk menjaga pasangan ("Saya ingin menjaga pasangan saya dari menyimpang").
 
Salah satu penulis studi Buss mengatakan, penelitian mengenai motivasi mengapa orang melakukan hubungan seks masih jarang dilakukan. "Mengapa orang berhubungan seks sangat penting, tetapi jarang dipelajari," katanya.
 
"Anehnya, banyak ilmuwan menganggap jawabannya jelas. Tetapi kita memiliki alasan berbeda-beda dalam berhubungan seks, beberapa di antaranya agak rumit," katanya.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif