5 Kebiasaan Ini Tanpa Disadari Bikin Tidur Tidak Nyenyak

Raka Lestari 21 Mei 2018 08:00 WIB
insomnia
5 Kebiasaan Ini Tanpa Disadari Bikin Tidur Tidak Nyenyak
(Foto: Shutterstock)
Jakarta: Tidur nyenyak bukan kebiasaan mudah bagi beberapa orang. Padahal, istirahat satu ini saat dibutuhkan agar tubuh tetap fit. Waktu tidur kurang tak hanya berdampak pada kesehatan fisik seseorang, tetapi juga mental. Tak heran jika kurang tidur membuat Anda lelah dan mudah marah.

Sulit tidur bisa dipicu oleh beberapa hal, selain faktor stres, beberapa kebiasaan ini tanpa disadari dapat meningkatkan insomnia Anda.

1. Tidur ketika Anda tidak sedang lelah


Caleb Backe, ahli kesehatan dan kebugaran untuk Maple Holistics menyarankn untuk pergi ke tempat tidur saat Anda merasa benar-benar lelah karena pada saat itu tubuh sedang rileks. Jika belum mengantuk, cobalah membaca buku atau minum segelas susu hangat agar tubuh memproduksi hormon melatonin. Hindari paparan cahaya, baik itu dari lampu atau ponsel karena bisa menonaktifkan fungsi hormon mengantuk dalam tubuh.

2. Tertidur dengan TV masih menyala

Menurut Backe, kebiasaaan tidur dengan televisi yang masih menyala harus dihentikan. "Otak Anda mungkin masih mengambil rangsangan dari layar, bahkan setelah Anda tertidur," katanya kepada Elite Daily. Dan jika itu kasusnya, maka Anda mungkin tidak pernah tidur nyenyak dan berkualitas sehingga Anda tidak mereasa segar ketika bangun tidur keesokan harinya.

3. Tidur dengan terlalu banyak bantal

Menurut Alissia Zenhausern, dokter naturopati dengan NMD Wellness of Scottsdale, tidak nyenyak ketika tidur kemungkinan karena Anda menggunakan terlalu banyak bantal.  "Pastikan leher Anda tetap dalam posisi netral saat Anda tidur, karena terlalu banyak bantal dapat menyebabkan Anda mendengkur," kata dia kepada Elite Daily. Meskipun ini bukan masalah besar tetapi mendengkur juga berarti Anda mengganggu pola pernapasan yang sehat saat tidur.

4. Tidur dengan hewan peliharaan

Anda tidak bisa tidur dengan posisi yang nyaman sepanjang malam jika tidur dengan hewan peliharaan Anda dan ini bisa menyebabkan Anda mengalami sakit punggung atau leher.

5. Minum kopi pada sore hari

Menurut Ellen Wermter, seorang praktisi perawat di Charlottesville Neurology and Sleep Medicine, "Kafein adalah stimulan kuat yang menghalangi adenosine, neurotransmitter yang membuat kita merasa mengantuk," katanya. Jika Anda mengonsumsinya ketika sore hari, itu bisa membuat Anda tetap terjaga sepanjang malam dimana waktu tersebut merupakan waktu Anda untuk tertidur.

Lihat video:





(DEV)