Manfaat kesehatan kembang kol bagi tubuh Anda seperti berikut ini. (Foto: Kim Daniels/Unsplash.com)
Manfaat kesehatan kembang kol bagi tubuh Anda seperti berikut ini. (Foto: Kim Daniels/Unsplash.com)

Manfaat Kesehatan dari Kembang Kol

Rona kesehatan gaya
Raka Lestari • 29 Oktober 2019 07:00
Jakarta: Kembang kol akhir-akhir ini cukup meningkat popularitasnya. Kembang kol juga dianggap dapat menggantikan nasi dengan cara yang lebih sehat.
 
Hanya dengan memarut kembang kol sampai berbentuk butiran seperti beras, kemudian dimasak seperti beras pada umumnya kembang kol yang dikukus tersebut dapat dijadikan pengganti nasi karena teksturnya yang cukup mirip.
 
Cynthia Sass, MPH, RD, seorang ahli gizi di New York memberitahu manfaat kesehatan kembang kol bagi tubuh Anda seperti berikut ini:

1. Kembang kol kaya akan nutrisi

Satu cangkir kembang kol mentah (atau sekitar 64 gram) dapat memenuhi lebih dari 75 persen kebutuhan vitamin C.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain dapat meningkatkan kekebalan tubuh, vitamin C juga diperlukan untuk perbaikan DNA dan membantu produksi kolagen dan serotonin.
 
Kembang kol juga mengandung vitamin K yang dibutuhkan untuk pembentukan tulang dan menurunkan risiko patah tulang.

2. Bersifat antiinflamasi

Senyawa bioaktif yang ditemukan dalam kembang kol dikenal dapat mengurangi inflamasi atau peradangan. Sayuran ini juga kaya dengan antioksidan, yang juga bisa mengatasi stres oksidatif.
 
Stres oksidatif terjadi ketika ada ketidakseimbangan antara produksi radikal bebas yang merusak sel dan kemampuan tubuh untuk melawan efek berbahaya mereka, yang meliputi penuaan dini dan risiko penyakit tertentu.
 
Manfaat Kesehatan dari Kembang Kol
(Mengonsumsi kembang kol sebagai pengganti nasi dapat menggantikan kalori dan karbohidrat tanpa membutuhkan jumlah yang banyak. Tapi ada baiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis gizi klinis di dekat rumah Anda. Foto: Kristina Petrick/Unsplash.com)

3. Dapat melawan penuaan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa zat alami dalam kembang kol, seperti sulforaphane, dapat memengaruhi gen dengan cara memperlambat proses biokimia dari penuaan.
 
Senyawa kembang kol juga telah terbukti melindungi fungsi otak dan sistem saraf dan memperlambat penurunan kognitif terkait usia.

4. Kaya akan serat

Kandungan serat dalam kembang kol cukup tinggi, yaitu sekitar 12 gram pada kembang kol ukuran sedang. Serat dalam makanan dapat mendukung kesehatan pencernaan, meningkatkan kesehatan usus, dan bermanfaat dalam usus yang terkait dengan anti-peradangan, kekebalan, dan perubahan mood.

5. Dapat membantu menurunkan berat badan

Kandungan serat dalam kembang kol dapat membantu dalam mengatur berat badan dengan meningkatkan rasa kenyang, menunda kelaparan, dan membantu mengatur gula darah dan kadar insulin.
Satu cangkir kembang kol (atau sekitar 64 gram) mentah mengandung sekitar 3,5 ons air, yang dapat meningkatkan rasa kenyang.
 
Mengonsumsi kembang kol sebagai pengganti nasi dapat menggantikan kalori dan karbohidrat tanpa membutuhkan jumlah yang banyak.  Tapi ada baiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis gizi klinis di dekat rumah Anda.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif