Pemerintah Indonesia telah mengimbau siapapun yang terpaksa keluar rumah untuk mengenakan masker, terkait dengan penyebaran covid-19 (new coronavirus).. (Ilustrasi/medcom.id)
Pemerintah Indonesia telah mengimbau siapapun yang terpaksa keluar rumah untuk mengenakan masker, terkait dengan penyebaran covid-19 (new coronavirus).. (Ilustrasi/medcom.id)

Cara Membuat Masker Kain

Rona Virus Korona virus corona covid-19 masker kain
Sunnaholomi Halakrispen • 10 April 2020 06:04
Jakarta: Pemerintah Indonesia telah mengimbau siapapun yang terpaksa keluar rumah untuk mengenakan masker, terkait dengan penyebaran covid-19 (new coronavirus). Imbauan seperti ini juga terjadi di Amerika Serikat. 
 
Hal ini mengingatkan semakin banyaknya bukti bahwa virus menyebar di antara orang-orang yang berada dalam jarak dekat. Baik saat berbicara, batuk, atau bersin. Bahkan jika orang-orang yang bisa menyebarkan virus itu tidak menunjukkan gejala sakit sekalipun.
 
Dilansir dari Marthastewart, pemakaian masker sangat penting dalam situasi sekarang, sebagai langkah-langkah physical distancing yang masih sulit dipertahankan. Sebab, seperti perjalanan ke warung atau toko kelontong, apotek, atau tempat umum lainnya yang ramai pengunjung. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam sebuah tutorial video, Ahli Bedah Amerika Serikat, A. Jerome Adams, mengatakan bahwa masker bisa dibuat dari barang-barang rumah tangga biasa. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) pun memberikan pedoman terkait masker kain.
 
Berdasarkan pedoman, masker harus pas tetapi juga nyaman pada sisi wajah. Termasuk, beberapa lapis kain yang memungkinkan untuk bernapas tanpa batas dan diamankan dengan ikatan lingkaran. 
 
Jika digunakan kembali, kain penutup harus bisa dicuci dan dikeringkan tanpa merusak bentuknya. Perlu dicatat bahwa penutup wajah tidak dianjurkan untuk anak kecil di bawah usia dua tahun. Tentu saja, masker ini bukan pengganti masker N95.
 
"Ketika melihat ke efektivitas masker, sebenarnya ada dua faktor, yaitu kemampuan untuk menyaring partikel udara dan kecocokan sebenarnya," tutur Alok Patel, M.D., selaku dokter anak di New York City yang berafiliasi dengan Rumah Sakit Presbyterian New York-Columbia dan Cornell serta Rumah Sakit Anak-Anak UCSF Benioff Oakland.  
 
"Masker N95 adalah yang terbaik yang kami miliki dan menduplikatnya bukanlah tugas yang mudah. ??Saya telah melihat tutorial online menggunakan berbagai jenis kain dan walaupun ada kemungkinan masker buatan tangan dapat memblokir tetesan yang lebih besar, mereka, dimengerti, tidak seefektif sebagai N95," jelasnya.
 
Soal pembuatan masker kain untuk pemakaian sehari-hari, Anda masih bisa menggunakan barang-barang di sekitar rumah. Misalnya, syal, bandana, handuk teh, atau kaos. Anda hanya membutuhkan sepasang karet gelang, tetapi pita kapas yang diikatkan ke loop telinga juga dapat digunakan di sini. 
 
Jerome Adams menunjukkan, langkah demi langkah, cara melipat kain menjadi masker wajah. Lipatlah kain dengan ukuran yang menyesuaikan bentuk wajah Anda, yakni masker dapat menutupi hidung bagian atas hingga bawah dagu. 
 
Setelah dilipat, siapkan karet gelang atau pita berbentuk melingkar dan sisipkan di ujung kain untuk nantinya dikaitkan ke telinga. Jika Anda memiliki mesin jahit, Anda dapat menjahit kain menjadi masker untuk penggunaan pribadi. 
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif