American College of Obstetricians dan Gynecologists tidak mencantumkan madu dalam daftar makanan yang direkomendasikan untuk dihindari oleh wanita hamil. (Ilustrasi/Pexels)
American College of Obstetricians dan Gynecologists tidak mencantumkan madu dalam daftar makanan yang direkomendasikan untuk dihindari oleh wanita hamil. (Ilustrasi/Pexels)

Amankah Konsumsi Madu saat Hamil?

Rona hamil
Anda Nurlaila • 12 Februari 2020 14:25
Jakarta: Banyak orang tua mengetahui fakta memberi madu pada bayi di bawah usia satu tahun berisiko terkena bakteri botulisme. Apakah aturan yang sama berlaku untuk bayi yang belum dilahirkan pada saat diminum ibu hamil?
 
Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS merekomendasikan bahwa bayi di bawah usia satu tahun tidak boleh diberi madu mentah. Dikutip dari Verywell Family, pada usia satu tahun sistem pencernaan bayi tidak cukup berkembang untuk menangani semua bakteri dalam madu.
 
Mengapa Madu Berbahaya?

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Risiko utama madu, menurut CDC karena madu adalah makanan mentah yang mengandung bakteri yang dapat menyebabkan botulisme. Botulisme adalah penyakit yang menyebabkan kelumpuhan dalam tubuh akibat neurotoksin oleh strain spora bakteri yang disebut Clostridium botulinum.
 
Di dalam tubuh, bakteri menghasilkan bototoinum neurotoxin, yang berbahaya bagi manusia dan menyebabkan kelumpuhan. Meski bakteri ini ada dimana-mana, bayi lebih rentan penyakit tersebut setelah menelan spora botulisme. Madu diketahui mengandung beberapa spora Clostridium yang berisiko bagi bayi karena akan membawanya langsung ke sistem pencernaan mereka. 
 
Bisakah Wanita Hamil Makan Madu?
 
Banyak aturan yang dikenal pada wanita yang merencanakan kehamilan atau sedang hamil. Namun, kabar baiknya adalah madu aman dikonsumsi selama kehamilan. American College of Obstetricians dan Gynecologists tidak mencantumkan madu dalam daftar makanan yang direkomendasikan untuk dihindari oleh wanita hamil.
 
Ada dua alasan utama mengapa wanita aman makan madu saat hamil:
 
1. Sistem pencernaan wanita dapat menangani bakteri. Usus orang dewasa lebih mungkin mampu menangani menjaga kemungkinan kolonisasi spora Clostridium meningkat karena mikrobioma pencernaan telah terbentuk dengan baik pada masa dewasa. Flora dalam usus dewasa mencegah spora tumbuh dan mencegaj botulisme berkembang. Botulisme tidak dapat tumbuh di saluran pencernaan yang sehat.
 
2. Sistem kekebalan tubuh wanita menurun selama kehamilan. Namun dalam kehamilan normal dan sehat, tidak ada perubahan pada flora pencernaan yang akan menyebabkan dengan risiko botulisme meningkat.  Racun botulisme juga tidak mungkin menular ke bayi. Sebuah artikel yang diterbitkan di Canadian Family Physician pada 2010 menjelaskan bahwa karena berat molekulnya, toksin botulinum tidak mungkin melewati plasenta dan mencapai bayi.
 
Meski konsumsi madu selama hamil aman, wanita dengan masalah pencernaan seperti penyakit radang usus (IBD) perlu berkonsultasi dengan dokter untuk pencegahan ekstra. Penting juga untuk diingat bahwa madu terutama terdiri dari gula. Jadi jika ingin menjaga berat badan selama hamil atau memiliki kondisi diabetes gestasional, Anda harus untuk membatasi sumber gula Anda juga.
 
Manfaat Madu bagi Kesehatan
 
Ada beberapa manfaat konsumsi madu. Meskipun secara umum, madu tidak dianggap sebagai sumber makanan yang kaya vitamin atau mineral, madu memiliki beberapa manfaat gizi.
 
Studi terbatas telah menemukan bahwa makan madu dapat membantu dengan kondisi seperti asma, membantu menyembuhkan luka, dan dalam mengobati batuk dan sakit tenggorokan. Madu dapat digunakan sebagai pengganti gula sebagai bahan makanan penutup. Madu juga mempunyai rasa lezat dan berbagai rasa tergantung varietas lebah dan tanaman setempat.
 
Ibu hamil dapat minum madu yang dijadikan pemanis teh, masakan atau obat alami menenangkan batuk dan tenggorokan. Agar lebih aman, gunakan madu yang dipasteurisasi dan bersertifikat untuk memastikan madu tersebut aman dari kontaminan lainnya.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif