Gejala yang ditimbulkan kanker serviks beragam. Berikut informasinya. (Foto: Pexels.com)
Gejala yang ditimbulkan kanker serviks beragam. Berikut informasinya. (Foto: Pexels.com)

Penyebab, Gejala dan Cara Mencegah Kanker Serviks

Rona kanker serviks
Kumara Anggita • 28 Februari 2019 18:43
Kanker serviks merupakan momok yang menakutkan. Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, perempuan yang melakukan hubungan seks di usia muda seperti di bawah 18 tahun, tidak menjaga kebersihan kelamin, terus berganti-ganti pasangan memiliki risiko yang besar terhadap jenis kanker serviks ini.
 

Jakarta:
Kanker Serviks merupakan jenis kanker yang paling banyak diderita perempuan bersamaan dengan kanker payudara. Untuk menghindari kerugian ini, Anda sebaiknya mengatisipasinya cepat dengan mengetahui penyebab, gejala yang ditimbulkan dan segera melakukan perawatan yang tepat.
 
Melansir dari WebMD, kanker serviks atau juga biasa disebut dengan kanker leher rahim terjadi akibat perubahan yang tidak normal pada jaringan serviks. Hal ini berkaitan erat dengan infeksi Human Papilloma Virus (HPV).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Terdapat beberapa faktor yang mendorong risiko kanker serviks muncul.
 
Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, perempuan yang melakukan hubungan seks di usia muda seperti di bawah 18 tahun, tidak menjaga kebersihan kelamin, terus berganti-ganti pasangan memiliki risiko yang besar terhadap jenis kanker ini.
 
Tidak hanya dari satu sisi, bila perempuan tidak berganti-ganti pasangan namun pasangannya melakukannya maka risiko yang dialami perempuan juga besar.
 
Penyebab, Gejala dan Cara Mencegah Kanker Serviks
(Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, perempuan yang melakukan hubungan seks di usia muda seperti di bawah 18 tahun, tidak menjaga kebersihan kelamin, terus berganti-ganti pasangan memiliki risiko yang besar terhadap jenis kanker serviks ini. Foto: Pexels.com)
 
(Baca juga: Menkes: Kanker Penyakit Kedua Terbanyak di Indonesia)
 
Selalin kaitannya dengan seks, merokok atau terpapar asap rokok juga menjadi faktor penyebab kanker serviks ini.
 
Zat kimia yang ada dalam asap rokok akan berhubungan dengan sel-sel serviks sehingga menyebabkan perubahan prakanker yang dari waktu ke waktu berkembang menjadi kanker.  

Gejala yang ditimbulkan kanker serviks juga beragam, seperti:


1. Adanya pendarahan selain menstruasi pada vagina yang terjadi secara tidak teratur dan munculnya keputihan yang tidak biasa.
2. Adanya bau tidak sedap dari vagina. Bau tidak biasa ini muncul dari cairan keputihan Anda.
3. Buang air kecil bermasalah. Ketika Anda buang air kecil akan timbul rasa sakit atau nyeri.
4. Rasa sakit saat berhubungan seks. Bila sebelumnya berhubungan seks terasa biasa saja namun tiba-tiba Anda merasa sakit, Anda harus berhati-hati.
5. Terakhir, munculnya bengkak pada kaki dan rasa nyeri pada panggul.
 
Deteksi dini kanker serviks dapat dilakukan dengan inspeksi visual dengan asam asetat (IVA), pap smear, dan biopsi.
 
Tes ini dapat dilakukan baik di Rumah Sakit Royal Taruma, Rumah Sakit Pondok Indah, Siloam Hospitals Bogor atau puskesmas terdekat.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif