Jika flu tak kunjung sembuh setelah minum obat dan konsumsi vitamin C, bisa jadi gejala tersebut tanda Anda memiliki infeksi sinus. (Foto: Pixabay.com)
Jika flu tak kunjung sembuh setelah minum obat dan konsumsi vitamin C, bisa jadi gejala tersebut tanda Anda memiliki infeksi sinus. (Foto: Pixabay.com)

Waspadai Infeksi Sinus yang Gejalanya Mirip Flu

Rona sinusitis
Torie Natalova • 25 Januari 2019 08:00
Jakarta: Hidung berair dan sakit tenggorokan, memang merupakan gejala umum influenza. Tapi, jika flu tak kunjung sembuh setelah minum obat dan konsumsi vitamin C, bisa jadi gejala tersebut tanda Anda memiliki infeksi sinus.
 
Dilansir dari Prevention, infeksi sinus adalah infeksi virus atau bakteri dari rongga sinus yang terletak di pipi antara mata, di atas alis dan di belakang mata. 
 
Saat infeksi, lapisan sinus menjadi meradang dan membengkak, dan kelenjar di dalam lapisan menghasilkan banyak lendir. Peradangan dan lendir inilah yang sebabkan gejala seperti influenza.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Peradangan yang menumpuk dari flu adalah penyebab infeksi sinus, tetapi sinus tidak selalu terjadi setiap kali seseorang terserang flu. Ketika flu berlangsung selama lebih dari seminggu dan diikuti beberapa gejala ini, sebaiknya segera ke dokter.
 
(Baca juga: Do and Don't bagi Penderita Sinusitis)
 
Waspadai Infeksi Sinus yang Gejalanya Mirip Flu
(Jika flu tak kunjung sembuh setelah minum obat dan konsumsi vitamin C, bisa jadi gejala tersebut tanda Anda memiliki infeksi sinus.? Foto: Pixabay.com)
 
1. Sakit pada mata
Sakit pada mata bisa terjadi karena sinus berada di daerah atas, bawah dan sebelah mata. Ketika tekanan menumpuk di area ini, maka dapat menyebabkan rasa sakit yang datang dari sekitar atau belakang mata.
 
2. Batuk hanya di malam hari
Berbaring di malam hari membuat lendir lebih mudah menetes ke bagian belakan tenggorokan, mengiritasi bagian belakang tenggorokan dan memuntahkannya. Tubuh merespons secara naluriah dengan batuk.
 
3. Sakit gigi
Salah satu efek samping yang tidak umum dari infeksi sinus sebenarnya adalah sakit gigi di bagian kanan dan kiri. Ini karena penempatan dan peradangan tekanan yang diberikan sinus pada gigi.
 
4. Sakit kepala
Sakit kepala akibat sinus cenderung lebih terasa di dahi dan alis atau di pipi. Seringkali, gerakan seperti membungkuk ke depan, menyebabkan lendir mengalir ke depan dengan tekanan yang meningkat. Banyak yang salah menduga ini seperti migrain, padahal sebenarnya adalah infeksi sinus.
 
5. Bau mulut
Bau busuk di hidung atau bau mulut juga bisa jadi pertanda infeksi sinus sedang terjadi. Ketika lendir yang tebal menetes ke tenggorokan, itu memengaruhi napas Anda dan membuatnya bau tidak sedap.
 
Karena hidung tersumbat, Anda akan lebih banyak bernapas melalui mulut, mengeringkannya dan memperparah bau mulut Anda.
 
6. Gejalanya memburuk
Flu biasanya berakhir lima hingga tujuh hari, sedangkan infeksi sinus bisa membutuhkan lima hingga tujuh hari terutama jika itu karena bakteri dan Anda tidak minum antibiotik.
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif