Alpukat merupakan makanan yang unik dan lezat. Alpukat juga tinggi lemak dan mengandung sangat sedikit karbohidrat yang dapat dicerna tubuh. (Ilustrasi/Pexels)
Alpukat merupakan makanan yang unik dan lezat. Alpukat juga tinggi lemak dan mengandung sangat sedikit karbohidrat yang dapat dicerna tubuh. (Ilustrasi/Pexels)

Buah Rendah Karbohidrat yang Mudah Didapat

Rona diet
Sunnaholomi Halakrispen • 17 September 2020 10:04
Jakarta: Pola makan sehat atau diet dengan rendah karbohidrat sangat bervariasi untuk masing-masing orang. Namun, salah satunya bisa dilakukan dengan konsumsi buah rendah kalori, tetapi kaya vitamin, mineral, dan nutrisi penting lainnya.
 
Apakah Anda sedang menjalani diet rendah karbohidrat ataupun tidak, makan lebih banyak buah-buahan selalu merupakan ide bagus. Dikutip dari Healthline, salah satu buah yang rendah karbohidrat terbaik untuk dimasukkan dalam diet Anda ialah alpukat.
 
Alpukat merupakan makanan yang unik dan lezat. Alpukat juga tinggi lemak dan mengandung sangat sedikit karbohidrat yang dapat dicerna tubuh.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada satu porsi (150 gram) porsi alpukat cincang, mengandung 13 gram karbohidrat, dan 10 di antaranya adalah serat. Alpukat juga kaya akan asam oleat, sejenis lemak tak jenuh tunggal yang memiliki efek menguntungkan bagi kesehatan. 
 
Penelitian kecil telah menemukan bahwa alpukat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (low-density lipoprotein) dan trigliserida. LDL sendiri merupakan kolesterol jahat yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke, jika tidak terkendali dengan baik.
 
Selain itu, alpukat juga merupakan sumber vitamin C, folat, dan kalium yang baik. Meskipun alpukat adalah makanan berkalori tinggi, namun alpukat bermanfaat untuk manajemen berat badan. 
 
Dalam sebuah penelitian, orang yang kelebihan berat badan yang memasukkan setengah buah alpukat dalam makan siang mereka dilaporkan merasa lebih kenyang. Mereka pun merasakan kurang keinginan untuk makan, selama lima jam berikutnya.
 
Buah selanjutnya, adalah tomat. Buah yang juga sering kali dijadikan sebagai sayuran ini memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang mengesankan.
 
Tomat juga rendah karbohidrat yang dapat dicerna. Di dalam satu cangkir (149 gram) tomat ceri, mengandung 6 gram karbohidrat, 2 di antaranya adalah serat.
 
Tomat merupakan sumber vitamin A, C, dan K, yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, tomat mengandung kalium tinggi, yang dapat membantu mengurangi tekanan darah dan risiko stroke.
 
Bahkan, tomat juga telah terbukti memperkuat sel endotel yang melapisi arteri Anda. Kandungan likopennya yang tinggi pun dapat membantu mencegah kanker prostat.
 
Tomat bisa dinikmati setelah dimasak maupun secara mentah. Ketika tomat dimasak, dapat meningkatkan kandungan likopen dan menambahkan lemak seperti minyak zaitun.
 

 
(YDH)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif