Ilustrasi--pexels
Ilustrasi--pexels

Pemicu ASMR yang Paling Umum dari Suara

Rona gaya stres
Kumara Anggita • 09 November 2019 13:41
Jakarta: ASMR atau Autonomous Sensory Meridian Response umumnya terdiri dari suara-suara yang mampu membuat Anda merasa nyaman seperti kepala sedang digelitik. Suara-suara ini muncul dari berbagai hal, dan tidak selalu memberi efek yang sama di setiap orang.
 
Bila Anda belum tahu suara apa yang bisa membuat Anda seperti itu. Berikut ada beberapa pemicu paling umum yang dilansir dari Healthline.
 
Bisikan

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Studi terbaru mencatatat bahwa salah satu pemicu ASMR yang paling umum adalah bisikan lembut yang mampu buat Anda j tenang dan rileks. Ada pula  yang mengatakan suara berbisik pelan-pelan ke mikrofon  juga bisa membantu masalah tidur.
 
Hembusan
 
'Meniup' suara membuat efek yang mirip dengan berbisik. Menyerupai angin lembut, pemicu ASMR yang populer ini dapat membuat Anda tertidur nyenyak.
 
Garuk
 
Menggaruk bisa menjadi pemicu ASMR yang sedikit kontroversial karena kalau salah menggaruknya bisa memberikan efek yang justru tidak nyaman. Cobalah menggaruk logam, plastik, atau bahkan kuku di mikrofon, Anda akan tahu mana yang paling bikin Anda bersemangat.
 
Membalikan halaman
 
Suara berulang termasuk dalam lima pemicu paling populer, menurut salah satu studi 2015Trusted Source. Pembalikan halaman tentu termasuk dalam kategori ini.
 
Suara-suara lembut dan berkerut yang dibuat oleh koran, majalah, dan buku dapat menenangkan gejala-gejala kecemasan dan membuat Anda merasa sangat tenang.
 
Menulis
 
Menulis suara dapat memancing sensasi kesemutan yang kuat. Beberapa mengatakan mereka juga dapat mengirim seseorang untuk tidur.
 
Mengetik
 
Mengetik dapat membuat Anda tertidur atau membantu konsentrasi. Seringkali, keyboard yang berbeda digunakan untuk membuat suara yang bervariasi.
 
Bersenandung
 
Bagi sebagian orang, suara orang yang bersenandung adalah gangguan. Bagi yang lain, ini berguna seperti lagu pengantar tidur malam hari. 
 
Berdengung
 
Pemicu dengung biasanya dibuat oleh benda-benda listrik, seperti pisau cukur.
Beberapa suara bergetar semacam ini bisa menjadi pengalaman yang menenangkan.
 
Mengunyah
 
Ketika berbicara tentang mengunyah, Anda bisa menyukainya atau membencinya. Ini biasanya muncul dalam video-video makan. Suara renyah, berair, dan keras itu membuat orang merasa nyaman.
 
Jari lengket
 
Jari lengket juga jadi favorit orang-orang.
Orang-orang meletakkan jari-jari mereka pada benda yang lengket seperti selotip atau menggunakan zat seperti madu untuk "menempelkan" jari mereka ke mikrofon.
 
Tetes air
 
Baik berupa tetesan sederhana atau suara mendesis, suara alami air bisa sangat menenangkan. Bahkan, menurut National Sleep Foundation, suara ini dapat meningkatkan kualitas tidur jika Anda membiarkannya sepanjang malam.
 
Jam berdetik
 
Pengulangan jam yang berdetik terdengar agak alami bagi otak. Jika Anda memerlukan bantuan tidur atau belajar, ini bisa menjadi pemicu ASMR untuk Anda.
 
Suara motor 
 
Mendengarkan dengung motor kendaraan dapat menenangkan sebagian orang dan membuat orang lain sangat kesal. Ini semua tergantung selerea.
 
Kucing mendengkur
 
Suara mendengkur bisa bikin frustasi namun di beberapa orang kucing mendengkur justru menenangkan. 
 
Itulah suara-suara yang memicu perasaan tergelitik muncul di kepala Anda. Sudahkah Anda tahu mana yang membuat Anda merasa nyaman?
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif