Ilustrasi-Pexels
Ilustrasi-Pexels

Tips Membersihkan Sikat Gigi Anda

Rona kesehatan gigi dan mulut
Kumara Anggita • 30 Juni 2020 15:33
Jakarta: Sikat gigi adalah benda yang seharusnya tidak membawa bakteri-bakteri yang membahayakan. Hal itu karena benda tersebut akan masuk ke mulut Anda.
 
Sayangnya, tak banyak orang tahu cara membersihkan sikat gigi dengan benar. Kebanyakan orang hanya membersihkan benda ini dengan air, sebelum menggunakannya.
 
Ternyata ada cara lain untuk mendisinfektan sikat gigi. Berikut tipsnya yang dilansir dari Healthline:
 

1. Alirkan air panas sebelum dan sesudah digunakan

Metode yang paling dasar untuk membersihkan sikat gigi adalah dengan mengalirkan air panas ke atas sikat sebelum dan sesudah digunakan. Cara ini menghilangkan bakteri yang mungkin telah terkumpul pada sikat gigi saat tak sedang digunakan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebelum mengoleskan pasta gigi, gunakan air panas secara perlahan di atas sikat. Perlu diingat airnya harus cukup panas untuk menghasilkan uap. Setelah Anda menyikat gigi dan mulut, bilas sikat Anda dengan lebih banyak air panas.


2. Rendam sikat gigi dalam obat kumur antibakteri

Jika bilas air panas tidak cukup untuk memberikan Anda ketenangan pikiran, bisa juga merendam sikat gigi dengan obat kumur antibakteri. Namun perlu diingat bahwa cara ini dapat membuat sikat gigi Anda cepat aus, karena obat kumur ini biasanya mengandung bahan-bahan kasar yang membuat bulu sikat rusak. Rendamlah sikat gigi Anda kurang lebih selama dua menit.


3. Gunakan air mendidih

Mungkin Anda sempat terpikir untuk merebus sikat gigi. Jangan melakukannya! Lebih baik Anda pakai saja air mendidih yang ada di mangkok dan celupkan sikat selama 30 detik.


4. Gunakan pembersih sikat gigi UV

Anda juga dapat berinvestasi dalam produk pembersih ultraviolet (UV) yang dibuat khusus untuk sikat gigi. Satu penelitian membandingkan ruang sinar UV yang dibuat untuk sikat gigi dengan larutan salin dan larutan klorheksidin glukonat. Ditemukan bahwa sinar UV adalah cara paling efektif untuk mendisinfeksi sikat gigi.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif