Hamil besar sekitar bulan ketujuh merupakan kondisi kehamilan yang butuh kehati-hatian ekstra. (Ilustrasi/Pexels)
Hamil besar sekitar bulan ketujuh merupakan kondisi kehamilan yang butuh kehati-hatian ekstra. (Ilustrasi/Pexels)

Tips Yoga saat Hamil Besar, Does and Donts

Rona hamil yoga
Sunnaholomi Halakrispen • 08 Februari 2020 18:54
Jakarta: Hamil besar sekitar bulan ketujuh merupakan kondisi kehamilan yang butuh kehati-hatian ekstra. Meskipun menjalankan yoga dinilai aman bagi ibu hamil, ada sejumlah hal yang sebaiknya boleh dan tidak boleh dilakukan.
 
Pertama, pahami diri, apakah sebelum hamil sudah terbiasa melakukan aktivitas olahraga atau tidak terbiasa sebelumnya. Bagi wanita yang sudah terbiasa olahraga, saat hamil akan lebih mudah menyesuaikan diri dengan aktivitas yoga.
 
"Untuk orang hamil dia luar biasa sih. Bisa gerakan banyak, walaupun kita bantu dengan kasih penyanggah supaya tidak jatuh," ujar Fitri Tasfiah selaku Certified Yoga Teacher and Thriatlete, di Tea Addict Lounge and Resto, Jakarta Selatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Yoga dinilai baik untuk ibu di usia kehamilan empat bulan hingga menjelang melahirkan. Hal yang tidak boleh diterapkan, ialah melakukan gerakan yang memicu kontraksi. Jangan memaksakan diri ketika perut mulai tertekan atau merasa ada tekanan.
 
"Penahanan perut atau pengencangan perut itu dihindari, jangan terlalu memberi tekanan. Lalu, enggak mungkin orang hamil suruh cium lutut sampai bawah. Dia kan ada beban di perutnya," paparnya. 
 
Maka demikian, kalau hamil biasanya diberikan bantalan sebagai penyangga oleh coach yoga. Posisi tubuh pun diupayakan miring, bukan terlentang. 
 
Hal tersebut agar tulang punggung tidak terbebani saat melakukan gerakan yoga dengan posisi tiduran. Tips selanjutnya, apabila merasa lelah jangan paksakan melanjutkan yoga. Sebaliknya, istirahatlah beberapa waktu.
 
"Kalau napas sudah tidak beraturan atau pusing, lebih baik istirahat. Karena nanti berpengaruh juga pada bayinya, kalau kita stres nanti bayinya stress juga," tuturnya.
 
Olah napas yang lebih menenangkan, relaxing, dan stretching, sangat diperlukan saat hamil besar menerapkan yoga. Sebab, terdapat gerakan pembukaan untuk di bagian pinggul, tulang panggul, dan ototnya pun dikuatkan.
 
"Bahkan ada yang sudah mau lahiran masih yoga karena dia ingin normal, dan punya masalah skoliosis. Untungnya dia memang sebelumnya rajin olahraga, jadi sudah terbiasa, dan hasilnya lahiran normal," tutupnya.
 

 
(YDH)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif