Foto: https://www.freepik.com/
Foto: https://www.freepik.com/

Kesehatan Jantung

Kurangi Risiko Jantung, Ini 7 Makanan yang Bisa Anda Konsumsi

Rona kesehatan jantung penyakit jantung Ashraf Sinclair Meninggal
Medcom • 18 Februari 2020 14:18
Jakarta: Dunia hiburan dikejutkan dengan meninggalnya Ashraf Sinclair, aktor asal Malaysia sekaligus suami dari penyanyi Indonesia, Bunga Cinta Lestari (BCL) pada Selasa, 18 Februari 2020 pukul 04.51 WIB di Rumah Sakit MMC Kuningan, Jakarta Selatan.  Ashraf meninggal karena serangan jantung.
 
Penyakit kardiovaskular atau lebih dikenal dengan jantung sangat populer menjangkit manusia. Menurut data WHO, penyakit jantung telah merenggut sembilan juta jiwa pada tahun 2016. Stroke mengikuti di belakangnya dengan enam juta jiwa pada tahun yang sama. Dua penyakit ini masih menjadi penyebab kematian terbesar di dunia dalam 15 tahun terakhir.
 
Kurangi Risiko Jantung, Ini 7 Makanan yang Bisa Anda Konsumsi

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Banyak hal yang bisa jadi penyebab orang terkena serangan jantung. Mulai dari gaya hidup yang tidak sehat, darah tinggi, merokok, hingga stres. Nah, untuk meminimalisir risiko terkena serangan jantung, beberapa dokter menyarankan agar kita rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan-makanan yang baik untuk jantung.
 
Berikut, medcom.id telah merangkum 7 makanan yang baik bagi jantung Anda:
 
1. Sayuran hijau
Sayuran hijau seperti bayam, sawi, lobak, selada, dan beberapa sayuran hijau lainnya sangat dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker. Hal itu dikarenakan sayuran hijau terkenal rendah lemak, kalori dan tinggi serat.
 
Mereka juga mengandung asam folat, magnesium, kalsium, kalium yang bermanfaat untuk mengoptimalkan fungsi jantung. Penelitian telah menunjukkan bahwa satu porsi sayuran berdaun hijau dapat menurunkan risiko penyakit jantung sebanyak 11 persen.
 
2. Gandum
Gandum adalah salah satu pilihan yang paling sehat untuk sarapan. Tidak hanya membuat Anda merasa kenyang dan energik, gandum juga bermanfaat besar bagi jantung.
 
Gandum mengandung beta glucan yang merupakan serat larut dan membantu menurunkan kadar kolesterol terutama LDL (kolesterol jahat) dalam tubuh. Mengonsumsi gandum saat sarapan atau berbagai macam makanan yang terbuat dari gandum dapat menyerap manfaat kepada kesehatan, khususnya jantung.
 
3. Biji-bijian
Biji-bijian seperti barley, millet, dan kacang-kacangan sangat baik untuk jantung. Hal itu dikarenakan karena biji-bijian mengandung serat alami dan vitamin E, zat besi, magnesium dan sejumlah anti-oksidan. Mengonsumsi biji-bijian secara rutin juga dapat mengurangi tekanan darah.
 
4. Protein Kedelai
Kedelai adalah pada dasarnya kacang kedelai. Kedelai adalah pengganti sehat yang sangat baik untuk menggantikan daging merah yang tinggi lemak, meningkatkan kolesterol jahat dan lemak jenuh yang sangat buruk bagi jantung.
 
5. Tomat
Tomat adalah sumber vitamin yang baik dan bertindak sebagai pembersih darah. Konsumsi rutin tomat dikenal untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Vitamin K hadir dalam tomat membantu mencegah kemunculan perdarahan. Mengkonsumsi tomat secara mentah atau dimasak dalam bentuk saus juga tak akan menghilangkan khasiat buah yang didominasi dengan warna merah tersebut.
 
6. Apel
Mengonsumsi satu buah apel setiap hari tentu akan menjauhkan Anda dari masalah kesehatan. Karena apel mengandung guercetin, fotokimia. Hal ini juga membantu dalam pencegahan pembekuan darah.
 
Makan apel untuk sarapan dengan sereal atau menjadikannya sebagai makanan ringan ketika Anda lapar akan lebih baik jika dibandingkan dengan keripik goreng.
 
7. Almond
Almond dikenal dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dan penyakit jantung. Mereka juga mengandung vitamin B17, E dan mineral seperti magnesium, besi, seng dan sumber yang baik dari lemak tak jenuh tunggal.
 

(ACF)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif