Ada beberapa makanan yang dapat memengaruhi kesehatan vagina dan bisa saja dapat menyebabkan keputihan. Berikut informasinya. (Foto: Pexels.com)
Ada beberapa makanan yang dapat memengaruhi kesehatan vagina dan bisa saja dapat menyebabkan keputihan. Berikut informasinya. (Foto: Pexels.com)

4 Hal yang Berpengaruh pada Kesehatan Vagina

Rona kesehatan reproduksi
Raka Lestari • 26 Juni 2019 17:14
Tentu saja Anda perlu memerhatikan kesehatan reproduksi. Seperti misalnya makanan yang punya pengaruh ke kesehatan vagina. Seperti dilansir dalam Bustle, Dr Angela Jones, M.D., FACOG menjelaskan bahwa selain dapat memabukkan, alkohol bisa membuat vagina menjadi kering. Dan jika vagina menjadi kering, itu akan memberikan dampak negatif pada kesehatan vagina Anda.
 

 
Jakarta: Ketika mengonsumsi suatu makanan, banyak dari Anda yang mungkin hanya memikirkan manfaatnya bagi tubuh atau energi. Jarang  sekali yang ketika memilih makanan, selain manfaat untuk tubuh tetapi juga dampaknya bagi kesehatan vagina.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dan ternyata memang ada beberapa makanan yang dapat memengaruhi kesehatan vagina dan bisa saja dapat menyebabkan keputihan ada bau tidak sedap pada vagina.
 
"Makanan akan berdampak pad semua hal, dan vagina juga sama seperti bagian tubuh lainnya," jelas Dr Angela Jones, M.D., FACOG, kepada Bustle. "Terlalu banyak gula dan gula bukanlah sesuatu yang baik." Untuk menjaga kesehatan vagina, waspadalah terhadap beberapa makanan tersebut:

1. Alkohol

"Ketika minum minuman beralkohol, ingatlah beberapa dampak buruk alkohol," kata Jones. "Selain dapat memabukkan, alkohol bisa membuat vagina menjadi kering." Dan jika vagina menjadi kering, itu akan memberikan dampak negatif pada kesehatan vagina Anda.
 
"Tidak memiliki hidrasi yang cukup dapat membuat vagina sulit memproduksi 'pelumas' dalam jumlah cukup." Tidak ada yang salah dengan minum-minum sesekali, tetapi penting untuk diingat bahwa sesuatu yang berlebihan dapat berpotensi membahayakan.

2. Makanan manis

"Makan banyak makanan tinggi gula dapat meningkatkan kemungkinan seorang wanita mengalami yeast infection," kata Christine Greves, MD, OB / GYN. Makanan yang kaya gula dapat meningkatkan risiko seorang wanita untuk mengalami hal itu jika lingkungannya hangat dan lembap. Misalnya jika seseorang berkeringat setelah berolahraga bisa membuat kondisi vagina menjadi lebih lembap.

3. Bawang merah

Bawang tidak hanya menyebabkan bau mulut yang cukup parah. "Makanan apa pun yang bisa membuat Anda bau mulut bisa menyebabkan bau vagina," kata Dr Nicole Scott, OB / GYN di IU Health. "Bawang merah adalah salah satu penyebab paling umum. Ketika Anda makan bawang merah, Anda mengeluarkan bau bawang dalam urine Anda," jelas Dr Vanessa Cullins dari Planned Parenthood Federation of America.

4. Asparagus

"Asparagus tidak hanya menyebabkan urine Anda berbau tidak sedap," kata Jones. Ia menerangkan ini juga dapat memengaruhi pH vagina Anda yang dapat menyebabkan bau tidak sedap meskipun memang hal itu akan hilang dalam beberapa hari. Sama seperti banyak makanan lainnya, makan asparagus tidak terlalu berbahaya bagi vagina Anda jika dikonsumsi tidak berlebihan.
 
Jika tak ada perubahan dan bau menetap, ada baiknya Anda berkonsultasi ke dokter kandungan/SpOG atau kelamin/SpKK. Beberapa rumah sakit yang bisa Anda kunjungi antara lain, RSCM - Kencana, Rumah Sakit Pondok Indah Bintaro Jaya, atau Rumah Sakit Cendana. Atau kunjungi pusat layanan kesehatan di dekat rumah Anda.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif