Diskusi Publik 'Akses Pelayanan Pengobatan Berkualitas bagi Pasien Kanker Payudara HER2-Positif' (Foto: Kumara/Medcom.id)
Diskusi Publik 'Akses Pelayanan Pengobatan Berkualitas bagi Pasien Kanker Payudara HER2-Positif' (Foto: Kumara/Medcom.id)

Pasien Kanker Payudara HER2-Positif Butuh Pengobatan Berkualitas Sedini Mungkin

Rona kanker payudara
Kumara Anggita • 29 Oktober 2019 13:09
Jakarta: Kanker payudara adalah satu dari berbagai jenis kanker dengan insiden dan kematian tertinggi. Sebanyak 42,1 per 100.000 kasus dialami oleh perempuan dengan angka kematian 17 per 100.000.
 
Kanker payudara sendiri ada beberapa jenis. Salah satunya HER2-Positif yang lebih agresif dibandingkan kanker payudara lainnya.
 
Kendati demikian, HER2-Positif punya rangkaian pengobatan yang lengkap. Sehingga peluang untuk hidup berkualitas lebih lama dan bahkan bisa sembuh.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bila rangkaian pengobatan diberikan sejak stadium dini, maka peluang untuk sembuhnya makin besar. Sayangnya, para penderita kurang mendapatkan pemahaman dan pengobatan yang memadai.
 
Akses pelayanan pengobatan berkualitas bagi pasien kanker payudara HER2-Positif perlu menjadi perhatian. Dibuatlah wadah untuk mereka yang menderita HER2-Positif yang bernama CISC FOR HER2.
 
"CISC FOR HER2 merupakan penegasan bahwa komunitas ini memiliki hak yang sama sebagai warga negara dan sebagai pasien kanker di Indonesia untuk mendapatkan akses pelayanan pengobatan yang berkualitas," ujar Ketua Umum Cancer Information and Support Center (CISC), Aryanti Baramuli Putri di Jakarta, Selasa, 29 Oktober 2019.
 
"Perjuangan komunitas ini bukan saja untuk melawan penyakit, tetapi juga untuk bisa kembali berkarya bagi keluarga dan masyarakat. Komunitas ini sepenuhnya menyadari, perjuangan ini perlu didukung oleh berbagai pemangku kepentingan secara terpadu," sambungya.
 
Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat ikut mendukung perjuangan ini. Para perempuan berhak mendapatkan pengobatan yang memadai.
 
"Perjuangan kita panjang dan bisa kita lalui selama kita bersama-sama. Apa yang diinsiasi oleh ibu Aryanti dan tim, saya rasa menjadi penyemangat untuk kita semua agar berjuang dan bisa memberikan kesempatan bagi seluruh perempuan untuk mendapatkan kesempatan hidup lebih layak dan panjang, bersama-sama keluarga menunaikan apa yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya," ujarnya.
 
Dokter Andhika Rachman menyampaikan ada beberapa pilihan terapi bagi pasien kanker payudara. Antara lain kemoterapi, radiasi, operasi dan terapi target dengan trastuzumab.
 
"Trastuzumab adalah antibodi monoklobal yang dirancang untuk menyasar dan memblokir protein HER2 yang berpotensi dapat menjadi kanker jika jumlahnya berlebihan. Cara kerjanya dengan mengaktifkan sistem kekebalan tubuh dan menekan sinyal pertumbuhan HER2 dan menghancurkan tumor," paparnya.
 
Dokter Denny Handoyo juga mengungkapkan pemberian trastuzumab dapat menurunkan intensitas pemberian radiasi. Sehingga pasien menjadi lebih nyaman dan biaya yang keluar bisa diminimalisir.
 
"Terapi obat trastuzumab mampu meningkatkan usia harapan hidup seorang penyintas kanker payudara, termasuk pasien dengan HER2-Positif. Andaikan ia tidak mendapatkan pengobatan trastuzumab yang diperlukannya, maka risiko akan lebih tinggi. Akibatnya, usia harapan hidup yang lama pun dihabiskan untuk kembali bolak-balik menjalani terapi ke rumah sakit," tuturnya.
 
Lestari memiliki beberapa catatan yang menunjukkan bahwa sudah ada perubahan hasil dari perjuangan dalam akses pelayanan pengobatan berkualitas bagi pasien kanker payudara HER2-Positif. Salah satunya yang berkaitan dengan trastuzumab.
 
"Ada pejuang kita yang luar biasa melakukan proses yudisial. Ada kemajuan di mana pada 2018 peraturan menteri kesehatan nomor 22 yang menyatakan pada akhirnya trastuzumab bisa diberikan, meskipun harus melalui beberapa langkah pemeriksaan," jelasnya.
 
Dengan seperti itu, diharapkan perjuangan terus berlanjut. Sehingga semakin banyak pasien HER2-Positif bisa mendapatkan kenyamanan dan penyembuhan.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif