Ilustrasi--Pexels
Ilustrasi--Pexels

Liver Disebut Penyebab Kematian Terbesar di Usia 35-49 Tahun

Rona penyakit
Torie Natalova • 05 Juli 2019 11:26
Penyakit hati atau liver disebut sebagai penyebab kematian terbesar pada orang yang berusia antara 35-49 tahun. Penyakit hati diperkirakan akan menggeser penyakit jantung sebagai penyebab terbesar kematian dini dalam beberapa tahun mendatang.
 

Jakarta: Sebuah penelitian baru oleh British Liver Trust mengungkapkan bahwa penyakit hati atau liver adalah penyebab kematian terbesar pada orang yang berusia antara 35-49 tahun, khususnya di Inggris. Selain liver, di urutan teratas kematian terbesar yakni bunuh diri, penyakit jantung dan kanker payudara.
 
Seperti dilansir netdoctor, penelitian ini menganalisis data kematian di Inggris dan Wales. Temuan menunjukkan bahwa pada 2017, 998 pria dan wanita yang berusia antara 35 dan 49 tahun meninggal karena penyakit hati.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penelitian itu juga menyatakan bahwa penyakit hati diperkirakan akan menggeser penyakit jantung sebagai penyebab terbesar kematian dini dalam beberapa tahun mendatang.
 
Selain itu, kanker hati telah meningkat hampir 63 persen dalam dekade terakhir. Diperkirakan pula 1 dari 3 orang memiliki NAFLD, penyakit hati berlemak terkait alkohol dan non alkohol tahap awal. 20 persen dari ini kemungkinan akan mengembangkan bentuk yang lebih serius seperti sirosis.
 
Menurut Kepala Eksekutif British Liver Trust Pamela Healy, membantu orang memahami cara mengurang risiko kerusakan hati sangat penting untuk mengatasi peningkatan kematian akibat penyakit hati.
 
Lebih dari 90 persen penyakit hati disebabkan oleh tiga faktor risiko utama yakni alkohol, obesitas dan virus hepatitis. Penelitian juga menemukan bahwa mereka yang tinggal di daerah yang lebih miskin, kemungkinan enam kali lebih besar meninggal karena penyakit hati terkait alkohol.
 
Anda dapat mengurangi risiko penyakit hati terutama jika Anda memiliki salah satu atau faktor-faktor pemicu penyakit liver dengan cara-cara berikut ini.
 
1. Kurangi minum alkohol
 
Setidaknya batasi asupan alkohol atau tiga hari berturut-turut bebaskan diri dari alkohol dalam seminggu. Pria dan wanita direkomendasikan untuk membatasi minum alkohol paling banyak 14 gelas anggur kecil, daripada minum dalam jumlah banyak dalam satu hari.
 
2. Pertahankan berat badan ideal dan sehat
 
Makan makanan seimbang dan olahraga teratur dapat membantu Anda mengurangi risiko penyakit hati berlemak. Kalori berlebih dapat menyebabkan lemak menumpuk di hati dan ketika hati tidak memproses dan memecah lemak seperti biasanya, ini akan berkembang banyak di hati.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif