Ilustrasi-Pexels
Ilustrasi-Pexels

Penyakit Misterius Teror Nigeria

Rona penyakit
Media Indonesia.com • 10 Februari 2020 12:20
Abuja: Belum juga hilang penyakit mematikan virus korona, kini muncul penyakit misterius yang terjadi di Nigeria. Pemerintah setempat pun telah mengeluarkan peringatan tentang 'epidemi aneh' ini.
 
Wabah penyakit misterius ini memiliki gejala muntah, bengkak, dan diare. Pertama kali terdeteksi terjadi pada akhir bulan lalu di Negara Bagian Benue, sebelah Tenggara Ibu Kota Abuja.
 
Pada 3 Februari, jumlah orang yang terkena penyakit menular ini telah meningkat menjadi 104 orang. Sementara yang tewas mencapai 15 orang dan menginfeksi puluhan lainnya dalam waktu kurang dari seminggu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sejumlah korban yang terkena penyakit, semuanya diduga meninggal dalam waktu 48 jam setelah tertular penyakit tersebut," ucap Senator Nigeria Abba Moro, seperti dilansir Daily Post.
 
Moro, dalam resolusi senat yang mewakili sebuah distrik di Negara Bagian Benue, juga mendesak Kementerian Kesehatan setempat untuk mengirim para ahli ke pusat wabah. Hal itu demi mengetahui lebih lanjut tentang penyakit tersebut.
 
Selanjutnya, Moro juga menyerukan kepada Pusat Pengendalian Penyakit Nigeria (NCDC) agar, menetapkan langkah-langkah pengawasan untuk menahan penyebarannya.
 
Menteri Kesehatan, Osagie Ehanire, juga meyakini bahwa penyakit tersebut bukan karena demam Ebola atau Lassa,- dua virus yang berpotensi fatal yang pernah terjadi di Afrika Barat.
 
Ehanire juga membantah kalau penyakit ini bukan virus korona, yang berasal dari Kota Wuhan, Tiongkok, yang telah mencapai 900 kasus kematian.
 
"NCDC sekarang telah mengaktifkan operasi tanggap darurat di daerah terkena dampak. Kecurigaan sementara dari pemerintah, penyakit tersebut berasal dari bahan kimia yang digunakan dalam penangkapan ikan," ujar Ehanire.
 
Pemerintah setempat mengimbau kepada warga Nigeria yang mungkin telah menyaksikan kasus-kasus penyakit tersebut untuk menghubungi nomor darurat di 0800-970000-10.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif