Apakah Masturbasi Dapat Sebabkan Jerawat?
Jerawat disebabkan oleh kombinasi empat hal. Dan banyak orang yang mengaitkan antara masturbasi dengan jerawat. Apakah benar demikian? Simak informasinya. (Foto: Kyle Loftus/Unsplash.com)
Jakarta: Banyak orang yang mengaitkan antara masturbasi dengan jerawat. Beberapa orang juga ada yang menganggap bahwa efek masturbasi dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Namun, apakah benar demikian?

"Jerawat disebabkan oleh kombinasi empat hal: produksi sebum berlebih (minyak), hiperkeratinisasi pori-pori alias penyumbatan pori-pori dengan keratin atau sel-sel kulit mati, bakteri, dan peradangan," ujarTsippora Shainhouse MD, dokter kulit dan dokter anak bersertifikat di Los Angeles.

Secara umum, melakukan hubungan seksual atau melakukan masturbasi tidak menyebabkan Anda berjerawat. Namun menurut Shainhouse, "Hormon khususnya testosteron dan progesteron dapat meningkatkan produksi minyak, dan juga dapat meningkatkan respons inflamasi." 


(Baca juga: Manfaat Masturbasi untuk Pria & Wanita)

"Itu sebabnya jerawat Anda sering memburuk pada minggu menjelang menstruasi. Hal ini karena pada saat itulah tubuh memproduksi lebih banyak progesteron dan testosteron."


(Secara umum, melakukan hubungan seksual atau melakukan masturbasi tidak menyebabkan Anda berjerawat. Foto: Guilherme Stecanella/Unsplash.com)

Namun jerawat bisa terjadi karena masalah hormonal, "Hormon akan menyerang dan tidak seimbang selama masa remaja dan pubertas. Itulah sebabnya remaja banyak yang mengalami jerawat," kata Shainhouse. 

"Pubertas juga bisa menjadi waktu eksplorasi diri dan mungkin bisa juga dengan melakukan masturbasi, sehingga 'rasa takut' cenderung muncul bahwa masturbasi mungkin adalah apa yang menyebabkan jerawat," katanya.

Akan tetapi Shainhouse mengatakan bahwa meskipun masturbasi dan aktivitas seksual lainnya dapat meningkatkan kadar testosteron Anda untuk sementara waktu, itu tidak cukup untuk berdampak pada kesehatan kulit jangka panjang Anda. Terutama karena level tersebut akan menyusut dan kembali normal dalam beberapa menit.






(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id