Warga berolahraga menggunakan masker di Kompleks Gelora Bung Karno (Foto: MI/Susanto)
Warga berolahraga menggunakan masker di Kompleks Gelora Bung Karno (Foto: MI/Susanto)

Apakah Perlu Memakai Masker Saat Berlari?

Rona tips berolahraga
Kumara Anggita • 04 Juni 2020 15:05
Jakarta: Sejak adanya pandemi covid-19, kita semua harus memakai masker saat keluar. Namun, yang menjadi masalah adalah bagaimana kalau kita keluar untuk berolahraga lari? Apakah protokol ini tetap harus dilaksanakan?
 
Seperti dilansir Refinery29, Shannon Sovndal, MD, seorang direktur medis EMS di Boulder, Colorado dan penulis Fragile pun menimbang kegalauan ini. Dia mengatakan tidak ada aturan yang keras, namun dia menyarankan agar pelari menggunakan masker saja saat berlari.
 
Sampai sekarang, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan agar orang-orang memakai penutup wajah kain di tempat publik, di mana langkah-langkah jarak sosial lainnya sulit untuk dipertahankan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara di beberapa negara, ada aturan yang sedikit berbeda. New Mexico, misalnya, secara khusus mengatakan tidak apa-apa untuk menanggalkan masker ketika berolahraga.

Tempat berlari

"Hal penting yang perlu diingat adalah di mana lokasi Anda berlari. Ketika saya pergi berlari, jika saya bisa menjaga jarak sosial saya dari orang-orang, saya tidak merasa saya perlu memakai masker,” ujar Dr. Sovndal.
 
Sebaliknya, bila Anda berlari di tempat ramai di mana social distancing sulit untuk dipertahankan, maka gunakanlah masker.
 
"Aturan sederhananya adalah, jika Anda berlari dan Anda harus melewati kerumunan orang untuk melewati orang-orang di trotoar dan hal-hal semacam itu, maka saya akan mengenakan masker,” kata Dr. Sovndal.

Nyamankan diri Anda

Ide baik lainnya adalah selalu membawa masker. Jika tidak ada orang di sekitar Anda, tarik ke bawah ke dagu Anda. Kemudian tarik ke atas ketika Anda berada di dekat orang lain.
 
Anda dapat bereksperimen dengan beberapa jenis masker sampai dapat yang paling cocok. Apa pun yang Anda gunakan, pastikan untuk mencucinya setelah Anda memakainya agar tetap bersih.
 
Berikan juga ruang untuk adaptasi, Anda mungkin perlu mengurangi kecepatan Anda saat  berlari dengan menggunakan masker. Jika Anda merasa sulit bernapas pada titik mana pun, berhenti dan istirahatlah.
 
Pada akhirnya, apakah Anda mengenakan masker saat berlari kembali pada pilihan pribadi. Yang penting Anda selalu hati-hati dan tak merugikan orang lain maupun diri sendiri.
 
(FIR)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif