Pemeriksaan rutin terhadap payudara sangatlah penting dilakukan. Salah satunya adalah untuk dapat mengetahui kanker payudara secara dini. (Foto: Ilustrasi. Dok. Reinaldo Kevin/Unsplash.com)
Pemeriksaan rutin terhadap payudara sangatlah penting dilakukan. Salah satunya adalah untuk dapat mengetahui kanker payudara secara dini. (Foto: Ilustrasi. Dok. Reinaldo Kevin/Unsplash.com)

Pentingnya Melakukan Pemeriksaan Payudara Secara Rutin

Rona kanker payudara
Raka Lestari • 15 November 2018 19:39
Jakarta: Pemeriksaan rutin terhadap payudara sangatlah penting dilakukan. Hal ini perlu dilakukan agar ketika ada penyakit atau masalah pada payudara bisa terdeteksi secara dini.
 
Salah satunya adalah untuk dapat mengetahui kanker payudara secara dini. Ini menjadi sangat penting karena jika memang positif terkena kanker payudara namun terdeteksi secara dini maka kemungkinan untuk sembuhnya pun masih tinggi bahkan bisa mencapai 100 persen.
 
Salah satunya adalah dengan melakukan pemeriksaan mammogram. Mammogram adalah sebuah alat khusus yang menggunakan sinar X untuk mengetahui kondisi payudara seseorang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Mammogram itu sebenarnya sudah terbukti secara ilmiah bahwa mammogram itu memang efektif untuk menurunkan kematian pada kanker payudara jika ditemukan pada stadium dini,” ujar dr. Inez Nimpuno, dokter yang juga penyintas kanker payudara.
 
(Baca juga: Lima Langkah SADARI untuk Deteksi Dini Kanker Payudara)
 
Pentingnya Melakukan Pemeriksaan Payudara Secara Rutin
(Pemeriksaan rutin terhadap payudara sangatlah penting dilakukan. Hal ini perlu dilakukan agar ketika ada penyakit atau masalah pada payudara bisa terdeteksi secara dini. Foto: Ilustrasi. Dok. Suhyeon Choi/Unsplash.com)
 
“Karena akurat, makanya di negara-negara maju biasanya pemerintahnya akan menggratiskan biaya untuk pemeriksaan mammogram,” tambahnya.
 
Menurut dr. Inez, para wanita yang diharuskan untuk rutin melakukan pemeriksaan mammogram adalah yang sudah berusia di atas 40 tahun karena secara ilmiah memiliki faktor risiko yang lebih tinggi.
 
Namun yang berusia di bawah 40 tahun juga sudah diperbolehkan terutama jika memiliki riwayat kanker payudara atau pernah mengalami tumor jinak sebelumnya.
 
Untuk itu, bagi para wanita terutama yang sudah memasuki usia 40 tahun ke atas sebaiknya rutin untuk mengecek payudara Anda. Untuk mengecek payudara, bisa dilakukan dengan periksa payudara sendiri (SADARI) atau bisa juga dengan melakukan pengecekan mamogram di rumah sakit.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi