Buah ceri tersebut diyakini dapat membantu melindungi pembuluh darah.(Ilustrasi/Pexels)
Buah ceri tersebut diyakini dapat membantu melindungi pembuluh darah.(Ilustrasi/Pexels)

Buah yang Baik untuk Jantung

Rona jantung penyakit jantung
Sunnaholomi Halakrispen • 22 Januari 2020 13:09
Jakarta: Semua buah-buahan memiliki kandungan vitamin berbeda yang baik untuk tubuh. Namun, ada beberapa buah yang memiliki kandungan baik khusus untuk jantung Anda.
 
Berikut buah-buahan yang memiliki kandungan baik khusus untuk jantung Anda, seperti dimuat WebMD:
 
1. Ceri

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ada banyak jenis ceri yang dijual di pasaran. Di antaranya, ceri manis, ceri asam, ceri kering, dan jus ceri, yang semuanya baik dengan antioksidan yang disebut anthocyanin. 
 
Buah ceri tersebut diyakini dapat membantu melindungi pembuluh darah. Alternatif penyajiannya, taburkan ceri kering ke dalam sereal, adonan muffin, salad hijau, dan nasi.
 
2. Bluberi
 
Blueberry cukup brilian dalam hal nutrisi. Buah ini mendapat anthocyanin, antioksidan yang membantu pembuluh darah. Antioksidan itu memberi beri warna biru tua pada buah beri. 
Blueberry juga memiliki serat dan lebih dari segelintir nutrisi hebat lainnya. Tambahkan blueberry segar atau kering ke sereal, pancake, atau yoghurt.
 
Sedangkan untuk ide makanan penutup, haluskan batch untuk saus manis yang dapat Anda gunakan sebagai saus pada makanan manis lainnya.
 
3. Anggur merah
 
Jika Anda minum alkohol, sedikit anggur merah mungkin merupakan pilihan yang menyehatkan jantung. Resveratrol dan katekin, dua antioksidan dalam anggur merah, dapat melindungi dinding arteri. Alkohol juga dapat meningkatkan HDL, kolesterol baik jika dikonsumsi tidak berlebihan.
 
Sebab, terlalu banyak alkohol menyakiti hati. Jangan minum lebih dari satu gelas sehari untuk wanita atau dua gelas minuman untuk pria. 
 
Cara terbaik adalah berbicara dengan dokter Anda terlebih dahulu. Sementara itu, alkohol dapat menyebabkan masalah bagi orang yang menggunakan aspirin dan obat lain.
 
4. Jeruk
 
Manis dan berair, jeruk memiliki serat pektin pencegah kolesterol. Jeruk juga memiliki kalium, yang membantu mengontrol tekanan darah.
 
Pada sebuah penelitian, 2 cangkir jus jeruk dalam sehari dapat meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah pada pria.
 

 
(YDH)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif