Bolehkan Anda meminum air yang sudah semalaman Anda tuang? Berikut selengkapnya. (Foto: Pexels.com)
Bolehkan Anda meminum air yang sudah semalaman Anda tuang? Berikut selengkapnya. (Foto: Pexels.com)

Bolehkah Minum Air Putih yang Sudah Dibiarkan Semalaman?

Rona kesehatan air minum
Raka Lestari • 26 April 2020 16:54
Jakarta: Membiarkan gelas berisi air terbuka selama semalaman sangatlah tidak baik. Debu, kotoran, dan bahkan binatang-binatang kecil bisa masuk ke dalam gelas berisi air yang dibiarkan semalaman tersebut.
 
Bahkan sekalipun gelas tersebut ditutup, air yang ada di dalamnya jika sudah dibiarkan semalaman masih bisa menyebabkan kontaminasi.
 
Air liur bisa mengandung bakteri, yang juga bisa berbahaya. “Jika dibiarkan semalaman, bekas air liur yang menempel dalam gelas berpotensi mencemari air di dalamnya dan membuat Anda sakit karena memasukkan kembali bakteri ketika meminumnya,” kata Marc Leavey, MD, spesialis perawatan primer di Mercy Medical Center di Massachusetts.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meskipun memang, bakteri tersebut cenderung tidak berbahaya karena berasal dari tubuh kita sendiri. Akan tetapi, hal tersebut tetap tidak disarankan terutama jika Anda berbagi botol minum atau gelas dengan orang lain. 
 
Elizabeth Manneh dalam artikel "Is It Bad to Drink Water That’s Been Sitting Overnight—Or Longer?" mengatakan seseorang dengan sistem kekebalan tubuh yang berkurang, seperti pasien transplantasi, mereka yang menjalani kemoterapi, atau orang yang hidup dengan HIV / AIDS, bisa menularkan dari air yang terkontaminasi.
 
Membiarkan botol minum di dalam mobil selama beberapa waktu juga tidak disarankan. Air yang tersisa dalam botol tersebut akan menjadi panas ketika terkena sinar matahari, menjadikannya tempat yang nyaman untuk bakteri berkembang biak terutama jika Anda sudah meminumnya. Menyimpan botol di bawah kursi mobil mungkin bisa mengurangi paparan sinar matahari, tetapi bakeri akan tetap berkembang biak.
 
Dilansir dari Reader’s Digest, beberapa botol plastik minuman mengandung BPA atau bahan kimia sejenis yang dapat larut ke dalam air terutama saat terkena sinar matahari.
 
Menggunakan botol yang tidak mengandung BPA mungkin bisa menghilangkan masalah tersebut, tetapi pertumbuhan bakteri akan tetap terjadi terutama jika Anda menggunakan botol minum berbahan logam yang memanas dengan cepat sehingga mendorong kuman berkembang biak.
 
Meskipun harus menjaga agar tidak minum air yang sudah dibiarkan semalaman, menjaga tubuh agar tetap terhidrasi sangatlah penting untuk dilakukan.
 
Dr Leavey memberikan saran untuk tetap terhidrasi tetapi kebersihan botol dan gelas harus bisa terjaga. Cuci rutin gelas yang Anda gunakan atau botol yang Anda pakai.
 
“Hindari menaruh bibir ke botol. Tuang air ke gelas atau minum langsung ke mulut tanpa menempelkan bibir ke botol. Dan untuk memastikan keamanan, jangan minum air yang sudah melewati batas tanggal kedaluwarsa,” tutupnya.

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif