Wortel baik untuk kesehatan paru-paru (Foto:Secretlyhealthy)
Wortel baik untuk kesehatan paru-paru (Foto:Secretlyhealthy)

4 Makanan untuk Kesehatan Paru-Paru

Rona kanker
Gervin Nathaniel Purba • 16 Januari 2016 18:17
medcom.id, Jakarta: Untuk mencegah penyakit paru-paru, Anda dapat memulainya dengan mengonsumsi sayuran segar.
 
Berikut adalah empat nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan paru-paru, dilansir Perhimpunan Dokter Paru Indonesia.
 
1. Karotenoid

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Nutrisi ini ditemukan di dalam wortel, ubi jalar, sayuran hijau gelap, tomat, dan lainnya. Karotenoid sangat penting untuk kesehatan paru-paru, terutama baik untuk penderita asma, sehingga dapat mencegah risiko kanker paru-paru.
 
2. Asam lemak omega-3
 
Ikan salmon, tuna, dan ikan laut jenis lainnya adalah salah satu makanan terbaik untuk kesehatan paru-paru. Makanan ini mengurangi gejala asma seperti sesak napas, mengi, alergi, dan lainnya.
 
3. Folat
 
Makanan folat dikonversi dalam tubuh kita menjadi asam folat. Beberapa  jenisnya adalah bayam, brokoli, akar bit, asparagus, buah jeruk, kacang, dan alpukat. Makanan ini menghilangkan zat penyebab kanker di sekitar paru-paru.
 
4. Magnesium
 
Makanan yang mengandung magnesium merupakan mineral yang baik untuk pasien asma. Makanan ini meningkatkan kapasitas paru-paru untuk mengambil oksigen lebih banyak serta meningkatkan efisiensi paru-paru. Contoh makanannya adalah kacang-kacangan, alpukat, pisang, ikan air tawar, dan buah-buahan kering.
 

(ROS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif