Hati-hati, Salah Gunting Kuku Bisa Buat Infeksi (Foto: shutterstock)
Hati-hati, Salah Gunting Kuku Bisa Buat Infeksi (Foto: shutterstock)

Hati-hati, Salah Gunting Kuku Bisa Buat Infeksi

Rona kesehatan kuku
Kumara Anggita • 24 Maret 2019 07:00
Jakarta: Gunting kuku adalah kegiatan rutin yang sering kita sepelekan. Padahal cara yang salah dalam menggunting kuku dapat membuat infeksi yang tidak diinginkan semua orang. Berikut penjelasannya yang dilansir dari RD.
 
Kesalahan yang paling sering dilakukan adalah memotong atau mendorong bagian kuku kutikula. Menurut American Academy of Dermatology, memotong kutikula adalah salah satu kesalahan yang terbesar di bidang perawatan kuku.
 
Ketika kutikula terpotong, bakteri jahat dengan mudah masuk ke akar kuku. Hal ini dapat menyebabkan infeksi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain masalah kutikula. Masih banyak lagi kesalahan-kesalahan lain. Misalnya, Anda sering mengguntingnya begitu saja dalam keadaan kering. Pastikan sebelum memotong kuku, Anda merendamnya terlebih dahulu untuk membuat kuku menjadi lebih fleksibel dan mudah digunakan.
 
Anda juga sebaiknya memotong kuku dengan bersih. Anda bisa memotongnya pendek dan melengkung. Kuku yang pendek lebih disarankan oleh dokter. Hal ini karena kuku yang pendek akan membuat Anda menjadi lebih sehat.
 
“Kuku pendek tetap lebih bersih dan lebih jarang patah yang artinya baik untuk penampilan dan kesehatan Anda," tutur Dokter Kulit Shari Lipner, MD.
 
"Berbicara tentang penampilan, cari tahu apa arti dari penampilan ketika Anda memiliki tonjolan di kuku Anda," lanjutnya.
 
Tidak hanya kuku, Anda juga harus memberikan perhatian pada alat pemotongnya. Sebelum menggunakannya, seharusnya Anda membersihkan waktu untuk membuat alat tersebut dalam keadaan steril. Anda bisa melakukannya dengan menggunakan campuran air dan alkohol.
 
Dalam mengikir kuku, Anda juga harus memperhatikan teknisnya. Pastikan saat mengikir Anda melakukannya dari satu arah saja. Jangan bolak-balik. Walaupun hasilnya membuat ujung kuku Anda menjadi rata dan halus namun kesalahan ini dapat memengaruhi kekuatan kuku Anda.
 
Setelahnya, Anda juga perlu untuk menggunakan pelembab tangan dan kuku demi kekuatan kuku Anda.
 
Walaupun gunting kuku terdengar sepele, Anda perlu lebih berhati-hati dalam merawatnya. Hal ini dilakukan untuk mengindari Anda dari infeksi yang tidak diinginkan.
 
 
 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif