Minyak ikan telah terbukti dapat meningkatkan kolestrol
Minyak ikan telah terbukti dapat meningkatkan kolestrol "baik" (Foto: Pixabay)

Manfaat Kesehatan dari Minyak Ikan

Rona fasilitas kesehatan kesehatan
Raka Lestari • 15 Oktober 2019 06:00
Jakarta: Salah satu suplemen alami yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh Anda adalah minyak ikan. Menurut National Center for Complementary and Integrative Health, hampir 8 persen orang dewasa mengonsumsi minyak ikan.
 
Cynthia Sass, MPH, RD, seorang konsultan nutrisi untuk New York Yankees memberitahukan manfaat kesehatan minyak ikan. Berikut di antaranya:

1. Melawan inflamasi kronis

Minyak yang diekstraksi dari ikan berlemak seperti sarden dan makarel mengandung dua jenis asam lemak omega-3. Yaitu asam eikosapentaenoat (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA). Diketahui dua jenis asam lemak ini dapat membantu menurunkan peradangan dan secara umum dapat memperbaiki kondisi peradangan dalam tubuh.

2. Melindungi jantung

Minyak ikan telah terbukti dapat meningkatkan kolestrol "baik" dan dapat menurunkan trigliserida (atau lemak darah), mengurangi tekanan darah, mencegah pembentukan plak di arteri, dan mencegah pengerasan pembuluh darah. Para ahli percaya minyak ikan dapat mendukung kesehatan jantung Anda.

3. Meningkatkan kepadatan tulang

Dalam makanan khas Amerika, lazim untuk mengonsumsi lebih banyak asam lemak omega-6 (yang ditemukan dalam minyak nabati, seperti minyak jagung dan minyak bunga matahari). Bahkan lebih banyak daripada asam lemak omega-3, terutama DHA dan EPA. Ketidakseimbangan itu berimplikasi sebagai penyebab kepadatan tulang yang rendah pada pria dan wanita.

4. Mendukung kesehatan mata

Meskipun hasil studi masih beragam, beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak ikan dapat membantu menurunkan risiko degenerasi makula terkait usia. Degenerasi makula yang biasanya berkaitan dengan usia lanjut, dapat menyebabkan hilangnya atau distorsi bidang penglihatan pusat.

5. Menjaga fisik tetap fit

Minyak ikan telah terbukti memperlambat penurunan massa otot dan fungsi normal bagi pria dan wanita pada usia 60-85 tahun. Lemak baik yang terdapat dalam minyak ikan dapat membantu merangsang pertumbuhan protein otot dan meningkatkan massa otot.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif