Ilustrasi-Pexels
Ilustrasi-Pexels

6 Cara Simpel Mengatasi Flu

Rona influenza
Sunnaholomi Halakrispen • 11 Maret 2020 14:11
Jakarta: Flu merupakan salah satu gejala munculnya berbagai penyakit, termasuk yang berbahaya. Awalnya. Anda bangun dengan sakit tenggorokan, lalu batuk, bersin, dan terisak.
 
Sayangnya, tidak ada obat cepat untuk flu biasa. Tetapi Anda dapat menemukan bantuan lebih cepat dengan gerakan-gerakan cerdas di bawah ini, seperti dilansir dari WebMD:

1. Tidur

Meringkuk di sofa membantu flu, tapi jangan sampai menonton film hingga larut malam. Minimnya tidur membuat sistem kekebalan tubuh Anda lemah, sehingga sulit melawan kuman.
 
Maka, pergilah tidur lebih awal dan tidurlah di siang hari. Jika gejala Anda membuat Anda terjaga di malam hari, coba gunakan bantal tambahan untuk mengangkat kepala. Cara ini dapat meringankan tekanan sinus dan membantu Anda bernapas lebih mudah.

2. Minum

Mendapatkan banyak cairan akan mengencerkan lendir Anda dan melancarkan kemacetan. Cara ini juga mencegah sakit kepala dan kelelahan yang menyebabkan dehidrasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Siapkan gelas atau botol bekas dan isi kembali dengan air. Hindari mengonsumsi soda berkafein, kopi, dan alkohol, yang bisa membuat Anda kering atau dehidrasi.

3. Berkumur dengan air garam

Ini cara yang bagus untuk menenangkan tenggorokan. Air garam memudahkan pembengkakan dan melonggarkan lendir.
 
Cara penyajiannya, aduk seperempat hingga setengah sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat sampai larut. Kemudian, berkumurlah beberapa kali sehari.

4. Seruput minuman panas

Sangat nyaman untuk meringkuk dengan secangkir teh. Plus, penelitian menunjukkan bahwa minuman panas juga bisa meredakan gejala pilek, seperti sakit tenggorokan dan kelelahan. Cobalah menyesap teh herbal tanpa kafein, air lemon, atau kaldu hangat.

5. Makan sesendok madu

Cairan lengket ini bisa melapisi tenggorokan Anda dan meredakan batuk. Dalam sebuah penelitian, anak-anak yang makan sekitar setengah sendok makan madu sebelum tidur akan tidur lebih nyenyak dan batuk lebih sedikit.
 
Caranya, aduk madu ke dalam secangkir teh tanpa kafein atau air lemon. Namun, jangan berikan madu kepada bayi di bawah usia satu tahun ya.

6. Mandi air panas

Menghirup uap bisa melembapkan tenggorokan dan hidung yang gatal. Selain itu, juga melonggarkan kemacetan Anda.
 
Meskipun penelitian ini beragam tentang apakah obat ini bekerja, tidak ada salahnya untuk mencoba. Panas juga dapat membantu merilekskan otot yang sakit.
 
(FIR)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif