Apel sebagai salah satu buah terbaik untuk menurunkan berat badan. (Foto: Pixabay)
Apel sebagai salah satu buah terbaik untuk menurunkan berat badan. (Foto: Pixabay)

5 Buah Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan

Rona gaya tips kesehatan
Raka Lestari • 18 Oktober 2019 11:19
Jakarta: Anda tentu sudah mengetahui bahwa mengonsumsi lebih banyak sayur dan buah merupakan kunci untuk mendapatkan kesehatan yang baik. Setidaknya tubuh ini membutuhkan empat porsi buah atau sayuran demi mendapatkan efek yang maksimal pada tubuh Anda.
 
Bukan hanya soal porsi, memilih buah dan sayuran yang tepat juga memudahkan Anda dalam menjaga berat badan. Nah, berikut adalah beberapa buah-buahan yang dapat membantu Anda dengan mudah menjaga berat badan:

-Blueberry

Keri Peterson, MD, seorang internis di Lenox Hill Hospital, New York, menjelaskan bahwa selain memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, blueberry juga kaya akan serat yang dapat membuat Anda merasakan kenyang lebih lama.
 
“Blueberry adalah buah yang paling sehat untuk dimakan. Mengonsumsi secangkir blueberry untuk kesehatan secara keseluruhan," terang Peterson.

-Apel

Apel kaya akan polimer flavonoid dan juga mengandung serat. Sehingga menjadikan apel sebagai salah satu buah terbaik untuk menurunkan berat badan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Mengonsumsi apel dengan kulitnya, Anda akan mendapatkan lebih banyak serat, antioksidan, dan kontrol yang lebih baik terhadap gula darah Anda,” kata Sharad Paul, MD, penulis The Genetics of Health: Understand Your Genes for Better Health.

-Pir

Pir juga dapat mencegah penurunan berat badan karena mengandung polimer flavonoid. Buah-buahan yang kaya antioksidan flavonoid dan serat tinggi adalah pilihan yang bagus.
 
“Serat dapat membuat Anda menjadi lebih kenyang, sehingga mengonsumsi apel dan pir akan memberikan banyak manfaat. Saya juga menyarankan untuk mengonsumsi kulitnya demi mendapatkan manfaat maksimal,” kata Dr Peterson.

-Strawberry

Strawberry sangat baik untuk mereka yang sedang menjaga berat badan. Sebab strawberry memiliki kandungan antosianin di dalamnya.
 
“Banyak orang khawatir dengan mengonsumsi buah-buahan manis dapat menyebabkan kenaikan berat badan karena kandungan fruktosa. Namun buah-buahan tertentu seperti apel hijau, pir dan buah beri seperti raspberry, strawberry dan blueberry adalah beberapa buah terbaik karena mereka tidak terlalu manis dan memiliki kandungan flavonoid yang tinggi,” ujar Dr Peterson.

-Paprika

Paprika termasuk ke dalam buah-buahan, dan paprika juga merupakan salah satu buah yang sehat karena dapat mencegah terjadinya kenaikan berat badan. Kandungan capsaicin di dalamnya kemungkinan dapat mendorong sel lemak putih, yang berguna untuk berubah menjadi lemak coklat sehingga dapat membantu pembakaran energi.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif