Hindari semangka mengkilap karena itu biasanya berarti buahnya belum matang. (Foto: Pexels)
Hindari semangka mengkilap karena itu biasanya berarti buahnya belum matang. (Foto: Pexels)

6 Langkah Memilih Semangka Terbaik

Rona gaya tips & trik
Kumara Anggita • 21 Oktober 2019 10:01
Jakarta: Pastinya saat membeli buah semangka, Anda selalu ingin mendapatkan yang terbaik. Namun, tak semua orang paham bisa memilihnya dengan tepat.
 
Bukan menggunakan perasaan, sekarang Anda bisa membedakan buah semangka yang memang berkualitas dari tampilannya. Berikut cara memilih semangka yang terbaik seperti dilansir dari RD:

1. Cari yang simetris

Pilih semangka yang keras dan simetris, bebas dari memar, luka, atau penyok besar. Benjolan yang ada di permukaan bisa berarti bahwa semangka tidak menerima cukup air atau sinar matahari saat ditanam. Sehingga menyebabkan buahnya terasa kering dan berkapur.

2. Lebih berat lebih baik

Selanjutnya, ambil semangka dan timbang dengan tangan Anda. Lebih berat selalu lebih baik. Karena semangka yang baik adalah yang mengandung 92 persen air.
 
6 Langkah Memilih Semangka Terbaik

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Cara ini menunjukkan bahwa buah ini sudah matang. Jika Anda membandingkan berat satu semangka dengan yang lain dengan ukuran yang sama, maka yang lebih berat akan menjadi pilihan terbaik.

3. Cari lingkaran kuning

Membalikkan semangka. Anda akan melihat di bagian bawah ada titik berwarna kekuningan. Ini menunjukkan bahwa buah tersebut diletakkan di tanah dan matang oleh sinar matahari.
 
Semakin gelap titik itu, semakin baik rasanya. Bila warnanya putih atau bahkan tidak ada, berarti semangka diambil dari tempatnya sebelum sempat matang sepenuhnya.

4. Hindari yang mengkilap

Hindari semangka mengkilap karena itu biasanya berarti buahnya belum matang. Semangka yang sempurna akan memiliki kulit dengan warna hijau gelap, dan kulitnya akan  kusam.

5. Tidak terlalu lembek

Tempatkan ibu jari Anda di ujung batang yang berlawanan dan tekan dengan lembut. Kulit harus memberi sedikit kelembekan, tetapi jika hasilnya terlalu lembek maka kembalikan. Ini artinya semangka Anda terlalu matang dan akan kering.

6. Dengarkan suaranya

Dengarkan suara penuh dari semangka ketika Anda meletakkannya di permukaan yang rata dan Anda ketuk. Anda harus mendengar suaranya dengan seksama dan mendapatkan suara seperti tenor, bukannya bas.
 
Ini mungkin terlihat konyol, tetapi sebuah studi dalam Journal of Food Science and Technology menemukan bahwa, sinyal getaran dapat membantu mendeteksi apakah semangka sudah matang atau belum.
 
Kendati demikian, gunakan cara ini dengan hati-hati karena suara itu juga bisa berarti semangka itu masih mentah.
 
Dengan mengingat langkah-langkah ini, Anda akan selalu mendapatkan semangka yang enak untuk disantap.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif