Suhu tubuh meningkat saat hamil. (Foto:babycenter.com.my)
Suhu tubuh meningkat saat hamil. (Foto:babycenter.com.my)

Makanan untuk Mengurangi Panas Tubuh Saat Hamil

Rona hamil
Sri Yanti Nainggolan • 07 Januari 2016 17:29
medcom.id, Jakarta: Peningkatan suhu tubuh pada wanita yang sedang mengandung tidak aman untuk janin. Ini karena dapat menyebabkan keguguran yang bisa berbahaya bagi ibu juga.
 
Salah satu alasan yang sebabkan terjadinya peningkatan suhu ini disebabkan oleh fluktuasi hormon tubuh. Penurunan tingkat estrogen meningkatkan tingkat stres selama kehamilan, yang bisa meningkatkan panas tubuh.
 
Meningkatnya suhu tubuh normal, yaitu antara 36,5 dan 37,5 derajat Celcius, ditandai dengan rasa panas secara tiba-tiba di daerah atas tubuh serta keringat berlebihan dan kemerahan di daerah leher, wajah dan dada. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam beberapa kasus, diet ternyata juga bisa menyebabkan panas tubuh meningkat. Berikut adalah makanan yang bisa mengurangi hal peningkatan suhu tubuh selama masa kehamilan 9 bulan.
 
1. Air kelapa
Air kelapa memiliki sifat yang akan membantu menenangkan dan mendinginkan tubuh, sehingga mengurangi panas tubuh pada saat kehamilan. Minumlah minimal tiga gelas air kelapa dalam seminggu. 
 
2. Biji fenugreek
Biji kelabat ini membantu mengontrol panas dalam tubuh dan mengurangi rasa mual pada kehamilan. Minumlah air biji kelabat sebelum sarapan setiap pagi.
 
3. Sayuran
Selain sehat, sayuran juga memmbantu menyediakan nutrisi dan protein pada fetus untuk tumbuh dan menambah perkembangan tubuh yang lebih baik. 
 
4. Semangka
Semangka adalah buah terbaik untuk menurunkan panas tubuh. Kandungan air yang banyak juga membuat tubuh tidak dehidrasi. Gula alami yang terdapat dalam semangka juga menyediakan energi yang dibutuhkan selama kehamilan 9 bulan. 
 
5. Malaka
Malaka merupakan salah satu buah terbaik untuk mengurangi panas tubuh selama kehamilan. Namun, buah yang juga disebut amla ini tidak baik bila dikonsumsi terlalu banyak karena kandungan vitamin C yang tinggi didalamnya dapat menyebabkan kelahiran prematur.
 
6. Air
Minum air dapat membantu menurunkan panas tubuh secara drastis tanpa ada efek samping. Di sisi lain, wanita hamil harus minum air yang cukup untuk menghindari masalah yang berhubungan dengan kehamilan lainnya seperti sembelit. (Boldsky)
 

(LOV)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif